Gunungkidul usulkan perluasan lahan TPAS Wukirsari

id TPAS Wukirsari,sampah gunungkidul,pengelolaan sampah

Gunungkidul usulkan perluasan lahan TPAS Wukirsari

Tempat Pembuangan Akhir Sampah Wukirsari di Kabupaten Gunungkidul. (DLH Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, mengusulkan perluasan Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Wukirsari.

"Saat ini zona aktif penampungan sampah sudah penuh. Kami sudah mengusulkan perluasan lahan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah hingga Bupati," kata Kepala UPT Kebersihan dan Pertamanan DLH Gunungkidul Heri Kuswantoro di Gunungkidul, Selasa.

Ia mengatakan, zona aktif penampungan sampah di TPAS Wukirsari yang luasnya sekitar 17.627 meter persegi sudah penuh sehingga pengelolaan sampah tidak bisa efektif dan efisien.

Selain itu, menurut dia, volume sampah di TPAS Wukirsari bertambah dari tahun ke tahun.

Volume sampah yang masuk ke TPAS Wukirsari pada 2019 tercatat sebanyak 13.910,47 ton, kemudian meningkat menjadi 15.244,98 ton pada 2020, dan naik menjadi 16.961,15 ton pada 2021.

Pada tahun 2022, sampah yang masuk ke tempat penampungan tersebut berkurang menjadi 16.706,7 ton.

"Sepanjang Januari-Juni 2023 ini, sudah 8.582,72 ton sampah yang masuk TPAS Wukirsari," kata Heri.

Dengan kondisi yang demikian, Heri mengatakan, DLH mengusulkan perluasan zona aktif penampungan sampah untuk mengoptimalkan penanganan sampah di TPAS Wukirsari.

Ia menyampaikan bahwa ada lahan seluas kurang lebih 4,5 hektare di sekitar TPAS Wukirsari yang bisa digunakan untuk memperluas zona penampungan sampah.

Menurut dia, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) menindaklanjuti usul perluasan zona penampungan sampah dengan menyiapkan Detail Engineering Design.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, usul perluasan zona penampungan sampah TPAS Wukirsari juga sudah disampaikan ke pemerintah pusat.

Sesuai peraturan daerah, ia mengatakan, TPAS Wukirsari hanya digunakan untuk menampung sampah dari wilayah Gunungkidul.