UI bikin komponen bus listrik mandiri

id FTUI,LPDP

UI bikin komponen bus listrik mandiri

Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengunjungi booth UI di LPDP Festival 2023, Jakarta, Rabu (9/8/2023). ANTARA/HO-FTUI

Jakarta (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia memproduksi komponen bus listrik secara mandiri sebagai salah satu langkah inovasi lingkungan dalam industri kendaraan nasional.

"Hal ini sejalan dengan komitmen FTUI untuk memberikan kontribusi menghadirkan teknologi yang berdampak positif bagi kemajuan sektor transportasi berkelanjutan," kata Dekan FTUI, Heri Hermansyah di Jakarta, Rabu.

Heri menuturkan hal ini sebagai komitmen untuk terus berkontribusi dalam menghadirkan solusi ramah lingkungan dan berkelanjutan di industri otomotif nasional, serta mendukung transformasi menuju mobilitas masa depan yang berkelanjutan.

Salah satunya yakni dengan menampilkan komponen-komponen inovatif dari sistem propulsi bus listrik UI, antara lain Inverter Motor Control, Vehicle Control Unit (VCU), Power Distributed Unit (PDU), Dashboard, dan Hybrid Control Unit (HCU).

Sementara, Dosen Departemen Teknik Elektro FTUI Feri Yusivar menyampaikan komponen yang dikembangkan oleh Research Center for Advanced Vehicles (RCAVe) FTUI memiliki peran penting dalam mendukung konversi kendaraan konvensional menjadi kendaraan listrik (EV Bus).

Salah satunya adalah bus PT Petrosea yang saat ini sedang dalam tahap uji coba di jalan raya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: FTUI produksi komponen bus listrik mandiri sebagai inovasi lingkungan
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024