"Sport tourism" ajang gaet wisatawan

id Banyuwangi, pemkab Banyuwangi, kompetisi selancar, pulau merah banyuwangi, selancar, Red Island Gandrung Surf Competitio

"Sport tourism" ajang gaet wisatawan

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyerahkan hadia kepada peselancar dalam even Red Island Gandrung Surf Competition di Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Jawa Timur. Minggu (27/8/2023) ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi

Banyuwangi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, rutin menggelar agenda sport tourism menjadi ajang prestasi sekaligus memperkenalkan atau upaya promosi pariwisata di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengemukakan pada Jumat (25/8) sampai Minggu (27/8) kemarin kompetisi selancar tingkat nasional digelar di Pantai Pulau Merah yang bertajuk Red Island Gandrung Surf Competition dan menjadi tempat kompetisi bagi para peselancar muda.

"Karena potensi ekonominya yang besar, Banyuwangi terus menggalakkan sport tourism. Mudah-mudahan sektor ini bisa semakin meningkatkan kunjungan wisatawan," kata Bupati Ipuk di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin.

Dia mengungkapkan pada tahun ini saja Banyuwangi telah menggelar beberapa event sport tourism, selain kompetisi selancar sebelumnya juga digelar Ijen Geopark Downhill, Ijen KOM Challenge dan lainnya.

Kompetisi selancar ini diikuti 80 peselancar dari berbagai daerah di Indonesia, dan mereka berlomba menaklukkan ombak Pantai Pulau Merah yang terkenal besar dan konsisten untuk menjadi yang terbaik di 8 kategori yang diperlombakan.

"Event ini digelar untuk mencari bibit unggul atlet selancar, termasuk mencari peselancar yang bisa mewakili Banyuwangi di ajang nasional maupun internasional," ujar Bupati Ipuk.

Sementara itu, Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI) Zainal Arifin menyampaikan, ajang selancar bergengsi bukan kali pertama digelar di Banyuwangi, pada 2019 juga sukses menggelar agenda serupa.





Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024