Dishub Yogyakarta menggelar aksi pembersihan rambu dari vandalisme

id Dishub Yogyakarta,vandalisme,rambu Kota Yogyakarta

Dishub Yogyakarta menggelar aksi pembersihan rambu dari vandalisme

Dishub Kota Yogyakarta gelar aksi pembersihan rambu dari vandalisme di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo, Kota Yogyakarta, Jumat (1/9/2023). ANTARA/HO-Dishub Kota Yogyakarta

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta memperingati Hari Perhubungan Nasional 2023 pada Jumat dengan menggelar aksi pembersihan rambu dari coretan atau bentuk vandalisme lain untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas.

Sekretaris Dishub Kota Yogyakarta Golkari Made Yulianto di Yogyakarta, Jumat, menyebutkan aksi bersih rambu mulai dari isyarat lalu lintas hingga penunjuk arah itu berlangsung di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo, Kota Yogyakarta.

"Kami melakukan pembersihan terhadap rambu-rambu lalu lintas yang kotor, tertutup stiker, coretan dan lainnya," kata dia.

Golkari mengakui selama pembersihan rambu lalu lintas itu, petugas paling banyak menemukan rambu yang ditempeli stiker promosi dan menjadi objek corat-coret oleh orang tak bertanggung jawab.

Dalam aksi bersih rambu itu, para pegawai Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta turut membersihkan beragam sampah visual yang ditemukan di sepanjang kawasan jalan satu arah tersebut.

Golkari berharap aksi tersebut sekaligus menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk menjaga fasilitas umum itu.

"Harapannya masyarakat nantinya juga punya kepedulian untuk menjaga agar rambu-rambu yang ada tidak dicoret-coret dan sebagainya," kata dia.

Dia menekankan rambu-rambu lalu lintas yang sudah terpasang harus dijaga bersama karena selain berfungsi sebagai petunjuk arah juga menjaga keselamatan para pengendara atau pengguna jalan.

"Rambu sangat berguna untuk keselamatan pengguna jalan," kata dia.

Bersamaan kegiatan bersih rambu tersebut, jajaran pegawai Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta juga mengisi rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional 2023 dengan kegiatan bakti sosial (baksos) berupa pembagian makanan kepada para juru parkir (jukir), pengemudi becak, serta kaum duafa di sepanjang Jalan Urip Sumoharjo.

"Bersih rambu kali ini kami barengkan dengan kegiatan bakti sosial berupa pembagian nasi kotak dan kebetulan di Jalan Urip Sumoharjo cukup banyak jukir kita," ucap Golkari Made.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024