3.440 pelanggar lalu lintas di Bantul terjaring Operasi Zebra Progo 2023

id Polres Bantul ,Operasi Zebra Progo ,Pelanggaran lalu lintas

3.440 pelanggar lalu lintas di Bantul terjaring Operasi Zebra Progo 2023

Kegiatan Operasi Zebra Progo 2023 oleh Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/HO-Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan penindakan berupa tilang terhadap 3.440 pelanggar lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Zebra Progo pada 4 hingga 17 September 2023.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana di Bantul, Senin, mengatakan, selain melakukan tilang, petugas juga memberikan penindakan berupa teguran kepada ribuan pelanggar lalu lintas dalam operasi selama dua pekan tersebut.

"Untuk tindakan tilang sebanyak 3.440 pelanggan dan teguran simpatik terhadap pelanggar mencapai 7.343 teguran. Tujuan utama operasi tersebut untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang mantap," katanya.

Dia mengatakan dalam Operasi Zebra Progo 2023 juga diberlakukan sidang di tempat dengan menghadirkan langsung hakim dari Pengadilan Negeri Bantul dan jaksa dari Kejaksaan Negeri Bantul.

"Manfaatnya di antaranya lebih efektif dan efisien, masyarakat tidak tersita waktunya karena ketika ada pelanggaran dapat diselesaikan di tempat atau langsung bayar denda di lokasi," katanya.

Jeffry mengatakan pelanggaran lalu lintas selama operasi zebra didominasi kendaraan roda dua dengan jenis pelanggaran terbanyak adalah kelengkapan berkendara, kemudian pelanggaran marka, berkendara di bawah umur, melawan arus, tidak menggunakan helm SNI, dan melanggar APILL.

Sedangkan pengendara yang melakukan pelanggaran bervariatif, mulai dari karyawan swasta, pelajar, hingga aparatur sipil negara (ASN).

Dia juga menambahkan selama pelaksanaan operasi tersebut terjadi sebanyak 98 kecelakaan lalu lintas dengan satu korban meninggal dunia, korban luka ringan sebanyak 121 orang, dan kerugian materi sekitar Rp46,1 juta.

Meski kegiatan Operasi Zebra Progo 2023 telah berakhir, Polres Bantul akan tetap mengintensifkan patroli untuk menegakkan aturan keselamatan dan ketertiban berlalu lintas.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi aturan lalu lintas. Selalu patuhi rambu-rambu, gunakan helm, dan jangan gunakan knalpot tidak standar (brong). Perlu diingat, awal mula kecelakaan berawal dari pelanggaran lalu lintas," katanya.