"Festival Entrepreneur 2023" ciptakan jiwa pebisnis pelajar

id Pemkab Banyuwagi,festival entrepreneur pelajar,pengusaha muda,pelajar SMP Banyuwangi,kreasi pelajar,inovasi pelajar bany

"Festival Entrepreneur 2023" ciptakan jiwa pebisnis pelajar

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meihat dan berbincang dengan pelajar peserta Festival Entrepreneur Pelajar 2023 di Banyuwangi, Jatim. Sabtu (23/9/2023) ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi

Banyuwangi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, memberdayakan tumbuhnya jiwa pebisnis atau pengusaha kepada pelajar SMP/MTs di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu lewat Festival Entrepreneur Pelajar 2023.

Fastival yang juga menjadi wadah pelajar SMP sederajat ini menampilkan karya-karya kreatif dan inovatif digelar di Creative Hub Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu.

"Festival ini merupakan upaya untuk mendorong generasi muda yang kreatif dan inovatif, sehingga dari ide-ide kreasinya kelak mereka bisa memperoleh penghasilan," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat meninjau Festival Entrepreneur Pelajar.

Menurut Ipuk, jiwa kewirausahaan perlu diasah sejak dini dan disrupsi yang terjadi dewasa ini memunculkan banyak peluang baru yang bisa digali para entrepreneur.

"Ini sarana yang kami buat untuk membentuk karakter anak agar mampu menangkap peluang dan cakap berinovasi," ujarnya.

Bupati Ipuk mengaku takjub dan bangga dengan kreasi produk pelajar SMP/MTs se-Banyuwangi itu. Ada yang membuat lukisan kaca, sepatu lukis, batik jumputan, aneka buket snack, dan lainnya yang sangat menarik.

"Festival ini tidak sekadar ajang pameran, tapi sebetulnya ini mendorong tumbuhnya jiwa entrepreneur yang bisa siswa kembangkan kelak," kata Ipuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Suratno menjelaskan Festival Entrepreneur Pelajar tahun ini berbasis pada mata pelajaran prakarya seni budaya, teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024