"ASEAN Readiness Pre-Departure" perkuat hubungan RI-Singapura

id Kolaborasi, KBRI Singapura, ASEAN, Readiness Pre-Departure

"ASEAN Readiness Pre-Departure" perkuat hubungan RI-Singapura

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Singapura menggelar program ASEAN Readiness Pre-Departure untuk memperkuat kolaborasi dan hubungan antara masyarakat di kedua negara. (ANTARA/HO-KBRI Singapura)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Singapura menggelar program ASEAN Readiness Pre-Departure untuk memperkuat kolaborasi dan hubungan antara masyarakat di kedua negara.

"Lebih dari tiga ribu mahasiswa kedua negara melakukan mobilitas akademik, dan angka itu akan bertambah setiap tahun," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura IGAK Satrya Wibawa, sebagaimana rilis pers KBRI Singapura yang diperoleh ANTARA, Jakarta, Minggu.

Program Pre-Departure yang diselenggarakan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura bersama Ngee Ann Polytechnic Singapore dan Universitas Padjajaran Bandung di Singapura pada Sabtu 23 September 2023 itu dihadiri oleh 50 mahasiswa dari Ngee Ann Polytechnic.

Program itu ditujukan untuk memberikan gambaran mengenai Indonesia secara umum dan Bandung secara khusus kepada 45 mahasiswa Ngee Ann yang akan melakukan kolaborasi program dengan mahasiswa Universitas Padjajaran (Unpad).

Ke-45 mahasiswa tersebut akan berada di Unpad selama dua pekan, kemudian pada Oktober akan disusul oleh 45 mahasiswa lagi dalam program serupa.

Acara Pre-Departure program itu juga disebutkan sebagai bentuk komitmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI dan KBRI dalam mendukung kesepakatan yang sudah dijalin antara kedua kepala negara.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Atase Perdagangan KBRI Singapura Billy Anugrah mengatakan bahwa Indonesia dan Singapura sejak awal telah melekat sebagai dua negara bertetangga dalam budaya maupun perdagangan.
Pada periode Januari-Juni 2023 ia mencatat nilai perdagangan Indonesia dan Singapura sebesar USD14,48 miliar (sekitar Rp222,6 triliun). Neraca perdagangan itu membuat posisi Indonesia dan Singapura penting bagi satu sama lain.
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Perkuat kolaborasi, KBRI Singapura gelar ASEAN Readiness Pre-Departure