Kemenkeu edukasi pelajar soal pengelolaan APBD

id APBD,Kementerian Keuangan

Kemenkeu edukasi pelajar soal pengelolaan APBD

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Luky Alfirman berbicara dalam acara Puncak Final Lomba Bedah Data APBD 2023 yang diikuti virtual di Jakarta, Rabu (18/10/2023). ANTARA/Martha Herlinawati Simanjuntak

Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman mengatakan pihaknya ingin meningkatkan kesadaran dan pemahaman pelajar terkait pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melalui penyelenggaraan Lomba Bedah Data APBD 2023.

"Kami ingin dari awal mulai melakukan edukasi, membangun kesadaran termasuk dari level adik-adik sekalian harus punya kesadaran kita mengelola APBN, APBD, yang kita kelola itu adalah uang rakyat, uang kita, jadi kita ingin benar-benar uang itu dimanfaatkan untuk rakyat," kata Luky di Jakarta, Rabu.

Dalam acara Puncak Final Lomba Bedah Data APBD 2023 yang diikuti virtual, Luky menuturkan para pelajar merupakan calon penerus bangsa yang akan meneruskan tongkat estafet pembangunan Indonesia dan punya andil untuk ikut mengawasi dan memastikan bahwa APBD digunakan untuk kemakmuran masyarakat.

Ia berharap melalui kegiatan tersebut, para pelajar semakin memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang APBD dan ikut membangun komunikasi serta menyebarluaskan informasi benar terkait APBD untuk mendidik masyarakat sekitar.

"Harapan kita dengan pengetahuan yang lebih baik tadi, adik-adik sekalian bisa ikut mengawasi tapi juga boleh ikut melakukan sosialisasi bercerita ke teman, orang tua, keluarga, dan orang terdekat. Namanya APBN itu gimana sih, namanya APBD itu seperti apa sih, dan seterusnya," ujarnya.

Saat ini, sebanyak 10 tim mengikuti babak final lomba tersebut. Mereka terpilih dari 1.038 tim yang terverifikasi. Sementara ada kurang lebih 3.700 peserta yang mendaftar lomba tersebut.

Dalam dua hari kegiatan final tersebut yakni pada 18-19 Oktober 2023, para pelajar akan mendapatkan pendalaman dan belajar lebih lagi serta melewati empat sesi, yaitu cerdas cermat, e-Sport Excel terkait pengolahan data APBD, presentasi infografis/poster, dan debat.

Lomba Bedah Data APBD 2023 diselenggarakan sebagai salah satu upaya inovatif untuk meningkatkan kesadaran, kontrol sosial, dan keterlibatan masyarakat, khususnya pelajar di dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan di daerah melalui APBD yang berintegritas.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenkeu tingkatkan kesadaran pelajar terkait pengelolaan APBD
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024