KPK harus hadirkan Firli di Polda Metro Jaya

id ketua kpk, firli bahuri, pemerasan eks mentan, syahrul yasin limpo, polda metro jaya, ek penyidik kpk, yudi purnomo

KPK harus hadirkan Firli di Polda Metro Jaya

Tangkapan layar - Anggota Satgas Pemberantasan Korupsi Bareskrim Polri Yudi Purnomo di Jakarta, Kamis (27/1/2022). (ANTARA/Laily Rahmawaty/am)

Jakarta (ANTARA) - Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo mengatakan pimpinan lembaga antirasuah itu harus kooperatif untuk menghadirkan Ketua KPK Firli Bahuri dalam pemeriksaan di Polda Metro Jaya sebagai saksi kasus dugaan pemerasan di Kementerian Pertanian.

"Pimpinan KPK bukan hanya menyampaikan ketidakhadiran Firli kemarin, Jumat (20/10), tetapi juga harus kooperatif menghadirkan Firli Bahuri ke Polda Metro Jaya, Selasa (24/10), besok, agar jangan mangkir lagi," kata Yudi di Jakarta, Senin.

Menurut Yudi, pimpinan KPK memiliki tanggung jawa untuk membawa dan memastikan Firli Bahuri hadir memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya dan diperiksa sebagai saksi dalam dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).



Absensi Firli Bahuri pada panggilan pertama menjadi insiden memalukan bagi lembaga antirasuah tersebut.

"Insiden mangkirnya Ketua KPK Firli Bahruri pada Jumat lalu sangat memalukan muruah KPK sebagai lembaga penegak hukum, yang seharusnya patuh hukum," tegasnya.

Apalagi, lanjut Yudi, yang menyampaikan alasan ketidakhadiran Firli memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya adalah pimpinan KPK. Oleh karena itu, pimpinan harus kooperatif menghadirkan Firli di Polda Metro Jaya pada pemeriksaan hari Selasa.

"Kalau pimpinan KPK ingin datang juga untuk menemani sebagai solidaritas, ya, silakan saja; tapi Firli datang, wajib," tegas Yudi.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Eks penyidik: KPK harus kooperatif hadirkan Firli di Polda Metro Jaya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024