KPU Gunungkidul memfinalisasi draf surat suara caleg DPRD kabupaten

id Pemilu 2024,Gunungkidul

KPU Gunungkidul memfinalisasi draf surat suara caleg DPRD kabupaten

Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul Asih Nuryati. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Gunungkidul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memfinalisasi draf surat suara calon anggota legislatif untuk Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Gunungkidul 2024.

Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul Asih Nuryanti di Gunungkidul, Jumat, mengatakan bahwa persiapan tentang pencetakan surat suara pemilu tidak ada masalah.

Pada tanggal 7 November 2023, tim dari KPU setempat diundang oleh KPU RI untuk pencocokan desain surat suara yang akan dicetak.

"Sudah tidak ada masalah dan untuk pencetakan surat suara ditangani langsung oleh KPU RI. Kami pastikan urusan berkaitan dengan surat suara sudah selesai dan tinggal menunggu pencetakan," katanya Asih.

Surat suara yang dicetak lebih banyak 2 persen dari jumlah pemilih. KPU setempat sudah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 613.155 jiwa.

Asih mengatakan bahwa pada saat pencetakan surat suara ada proses monitoring guna memastikan tidak ada kesalahan dalam percetakan.

Untuk pencetakan, kata dia, diatur oleh KPU RI sehingga jadwal monitoring akan menyesuaikan karena ada pengaturan prioritas terhadap wilayah mana yang dicetak lebih awal.

Surat suara dicetak lebih banyak untuk berjaga-jaga. Selain adanya potensi kerusakan pada saat pelipatan, lanjut dia, juga mengantisipasi salah coblos pada saat pemilihan.

"Jadi, harus ada cadangan surat suara. Kalau ada kerusakan atau salah coblos yang mengharuskan adanya penggantian, bisa langsung dilayani," katanya.

Anggota KPU Kabupaten Gunungkidul Supami mengatakan bahwa penetapan DCT pada tanggal 3 November 2023. Hasil penetapan ini menjadi acuan untuk mencetak surat suara pada pemilu anggota legislatif di Gunungkidul.

Menurut dia, DCT yang ditetapkan sebanyak 530 orang yang terdiri atas 313 laki-laki dan 217 perempuan.

"Untuk syarat keterwakilan caleg perempuan, sudah terpenuhi karena dalam DCT ada 40 perempuan," katanya.