Bupati Sleman: Kegiatan pelestarian budaya memperkuat kerukunan warga

id Kirab budaya,Upacara adat ,Margomulyo Seyegan ,Bupati Sleman ,Sleman

Bupati Sleman: Kegiatan pelestarian budaya memperkuat kerukunan warga

Kirab budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi ke- 77 Kalurahan Margomulyo, Seyegan, Minggu (12/10/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Kustini Sri Purnomo menyebut bahwa berbagai kegiatan pelestarian budaya yang diselenggarakan masyarakat semakin memperkuat kerukunan dan kebersamaan warga.

"Kegiatan pelestarian budaya seperti upacara adat dan kirab budaya ini melibatkan masyarakat, sehingga memperkuat kerukunan dan kebersamaan warga," kata Kustini saat menghadiri upacara adat dan kirab budaya peringatan Hari Jadi ke- 77 Kalurahan Margomulyo, Seyegan, Minggu.



Menurut dia, kirab budaya dalam rangka peringatan hari jadi Kalurahan Margomulyo ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya yang mendukung semangat kerukunan, gotong royong dan keharmonisan, karena melibatkan berbagai unsur masyarakat

"Semoga dengan peringatan hari jadi ini membawa semangat bersama untuk membangun Kalurahan Margomulyo lebih maju dan sejahtera," katanya.

Pelaksanaan peringatan hari jadi ini dikemas dalam prosesi upacara adat dan kirab budaya yang berlangsung di Lapangan Margomulyo, Kapanewon Seyegan.

Lurah Margomulyo Eko Puji Mulyanto mengatakan bahwa pelaksanaan upacara dan kirab budaya ini diikuti 13 padukuhan yang berada di wilayah Kalurahan Margomulyo.



Dalam kirab budaya ini ditampilkan berbagai karya seni budaya masyarakat setempat, seperti bregada, ogoh-ogoh, empat gunungan yang merepresentasikan sejarah Kalurahan Margomulyo, yang dulunya terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu Kalurahan Gerjen, Sompokan dan Jamblangan. Selanjutnya, ketiga kalurahan tersebut digabungkan menjadi Kalurahan Margomulyo.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024