Indonesia cetak Al Quran bahasa isyarat pertama di dunia

id Al quran bahasa isyarat, al quran, al quran braille,Dunia,Tuna,Tuli,Al Quran,Quran,Kitab Suci,Menag,Menteri Agama, Yaqut

Indonesia cetak Al Quran bahasa isyarat pertama di dunia

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (ANTARA/HO-Kemenag).

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama akan mencetak mushaf Al Quran bahasa isyarat yang saat ini telah diselesaikan penyusunannya dan akan menjadi yang pertama di Indonesia bahkan dunia.

"Alhamdulillah, proses penyusunan mushaf Al Quran isyarat sudah selesai dan akan segera kita cetak. Ini akan menjadi mushaf Al Quran Bahasa Isyarat pertama di Indonesia, bahkan dunia," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Yaqut mengatakan kehadiran mushaf Al Quran bahasa isyarat ini menjadi upaya Kemenag dalam memperluas akses layanan publik yang ramah disabilitas.

Ia berharap kehadiran mushaf Al Quran bahasa isyarat ini dapat memudahkan akses masyarakat disabilitas terhadap kitab suci.

"Ini yang selama ini juga menjadi arahan dari Presiden Joko Widodo agar layanan pemerintahan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat," katanya.

Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat Kemenag Abdul Aziz Sidqi mengatakan, mushaf Al Quran isyarat telah hadir dalam format digital dan dapat diakses melalui aplikasi Pusaka Superapps.

Saat ini, pihaknya sedang melakukan proses cetak mushaf Al Quran isyarat dan rencananya terbit pada akhir 2023. "Kita siapkan versi cetaknya. Insya Allah akan selesai pada akhir 2023 ini," katanya.

Aziz mengaku pihaknya telah melakukan kajian. Hasilnya, belum ada cetakan mushaf Al Quran bahasa isyarat di manapun.

"Setelah kami lakukan semacam kajian, ini adalah mushaf Al Quran Isyarat pertama 30 juz yang ada di dunia," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indonesia akan cetak Al Quran bahasa isyarat pertama di dunia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024