Dipamerkan di Paris, 11 benda seni budaya Indonesia

id Kemendikbud, benda budaya, UNESCO, Jalan Nusantara

Dipamerkan di Paris,  11 benda seni budaya Indonesia

Delegasi dari tamu undangan Konferensi Umum UNESCO ke-42 melihat salah satu benda seni budaya Indonesia yang diperkenalka di Jalan Nusantara Markas Besar UNESCO, Kota Paris Prancis, Rabu (15/11/2023) (ANTARA/HO-Kemendikbudristek)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memperkenalkan 11 benda seni budaya nasional kepada masyarakat di Kota Paris, Prancis.

Belasan benda seni budaya Indonesia tersebut dipajang di Jalan Nusantara atau the Archipelago Street Paris, bertepatan dalam kegiatan Konferensi Umum UNESCO ke-42 pada 7-22 November 2023.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid dalam keterangan di Jakarta, Rabu, menjelaskan benda seni budaya yang dipamerkan, antara lain berupa replika tengkorak manusia purba, maket Candi Borobudur dan Prambanan, kerajinan tangan candi Borobudur berbahan perak.

Selain itu, relief Samudra Raksa Lukisan Kematian Kumbakarna karya Nyoman Mandra, Garuda Wisnukencana karya Nyoman Nuarta, patung pemain Seruling, dan angklung robot karya Eko Mursito.

Pada kesempatan itu juga terdapat peta dan inventaris digital sebagai ikhtisar dari 66 warisan budaya dan alam UNESCO di Indonesia.

Ia menjelaskan benda yang dipamerkan tersebut cerminan budaya kontemporer Indonesia yang dilestarikan karena mengandung nilai-nilai penting untuk generasi mendatang.

"Sebagian dari keragaman budaya dari penjuru kepulauan Indonesia tercermin dalam Jalan Nusantara. Dan Indonesia mengundang negara-negara anggota UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan) untuk menjelajahi warisan budaya Indonesia yang memberikan gambaran mendalam mengenai perkembangan signifikansi di masa depan," kata dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 11 benda seni budaya Indonesia diperkenalkan di Kota Paris
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024