Pemkab Gunungkidul menyerahkan bantuan langsung tunai cukai tembakau

id Gunungkidul,Bantuan tunai

Pemkab Gunungkidul menyerahkan bantuan langsung tunai cukai tembakau

Bupati Gunungkidul serahkan bantuan kepada petani tembakau. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan bantuan langsung tunai dana bagi hasil cukai hasil tembakau dan pemberdayaan warga miskin di Kalurahan Grogol.

Kepala Dinas Sosial Asti Wijayanti di Gunungkidul, Selasa mengatakan bantuan ini merupakan bagian dari transfer daerah yang diberikan kepada kabupaten penghasil cukai atau daerah penghasil tembakau dan bantuan diberikan kepada petani tembakau dan buruh tembakau.

"Lokasi kegiatan bantuan langsung tunai dana bagi hasil cukai hasil tembakau (BLT DBH CHT) adalah bantuan yang diberikan kepada petani tembakau dan/atau buruh rani tembakau di delapan kapanewon di Gunungkidul," kata Asti.

Asti juga menyampaikan untuk mendapatkan bantuan DBH CHT ini harus memenuhi beberapa syarat yaitu salah satunya berprofesi sebagai petani atau buruh tembakau.

"Pendampingan DBHCHT ini sudah dimulai dari Juli dan berakhir di Desember 2023 ini," katanya.

Ia menjelaskan BLT DBH CHT sebesar Rp616,2 juta yang diberikan kepada 1.027 petani tembakau dan/atau buruh tani tembakau.

"Masing masing KPM mendapat bantuan sosial Rp600 ribu berupa Buku Tabungan BDG Gunungkidul, juga empat Kelompok KUBE FM Penumbuhan dengan bantuan Rp80 juta masing masing KUBE mendapat bantuan Rp20 juta," katanya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengharapkan agar bantuan dan stimulan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga ke depan bisa menghasilkan stimulan lagi dan di musim kemarau dapat terus bertahan.

Dengan hasil panen tembakau mencapai 400 ton dalam satu tahun merupakan potensi yang cukup bagus karena menjadi salah satu penggerak ekonomi daerah, ujarnya.

"Kami berharap produksi tembakau ditingkatkan karena memiliki potensi besar," katanya.