Ini sikap orang berpotensi bunuh diri

id gejala depresi,cara cegah bunuh diri,cara menyikapi orang depresi,depresi,depresi terselubung,ciri ciri depresi,cara men

Ini sikap orang berpotensi bunuh diri

Ilustrasi bunuh diri. (Arsip Antaranews)

Jakarta (ANTARA) - Psikiater sekaligus Direktur Utama Pusat Kesehatan Jiwa Nasional DR Dr Nova Riyanti Yusuf memberikan cara-cara awal untuk mengidentifikasi dan menyikapi orang terdekat yang mengalami gangguan mental dan berpotensi mengakhiri hidupnya.

Pada diskusi daring, Senin, Nova menyebut cara awal yang dapat dilakukan orang terdekat, adalah melakukan 3P, yakni mendeteksi Pikiran, Perasaan, dan Perilaku mereka.

“Untuk identifikasi sebenarnya hal-hal yang sederhana tapi tidak jauh dari pikiran, perasaan dan perilaku mereka, ada perubahan kecil yang mungkin tidak kita sadari, misal sering mengurung diri di kamar,” ujar Nova.

Selain itu, Nova mengatakan, perubahan orang yang depresi atau mengalami gangguan kesehatan mental lainnya bisa dicirikan dengan berhenti melakukan suatu hal yang biasanya mereka sukai.

Meski tidak seluruhnya, orang dengan depresi, menurut Nova, umumnya tidak ada gairah untuk melakukan apa pun dalam hidupnya.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Cara identifikasi dan sikapi orang yang berpotensi bunuh diri
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024