Dubes RI jelaskan sejarah panjang kerajaan Indonesia

id Kerajaan Sriwijaya,KBRI Tokyo,Pameran Sriwijaya,Buddhisme

Dubes RI jelaskan sejarah panjang kerajaan Indonesia

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dalam pembukaan Pameran Sriwijaya di KBRI Tokyo, Selasa (12/12/2023). (ANTARA/Juwita Trisna Rahayu)

Tokyo (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi menegaskan bahwa Indonesia bukan hanya dikenal sebagai bekas jajahan Belanda, melainkan berakar dari kerajaan-kerajaan yang memiliki sejarah panjang.

“Kami ingin menyampaikan kepada dunia internasional bahwa Indonesia itu bukan sekadar seperti anggapan selama ini, bekas jajahan Belanda, melainkan Indonesia dan bangsa-bangsa besar lainnya di dunia memiliki sejarah yang sangat panjang ke Belakang,” kata Dubes Heri dalam pembukaan Pameran Sriwijaya di KBRI Tokyo, Selasa.

Dia menuturkan pihaknya mendorong penyelenggaraan pameran tersebut untuk memperkenalkan sejarah kerajaan di Indonesia yang dimulai dengan Kerajaan Sriwijaya sebagai kerajaan pertama di bumi Nusantara.

Heri juga berencana untuk menggelar pameran kerajaan lainnya, seperti Majapahit dan kerajaan yang berjaya pada masa lampau.

“Indonesia memiliki sejarah dengan rentang masa lalu yang sama panjangnya baik dengan India maupun China. Indonesia ke depannya diharapkan dikenal sebagai pusat kebudayaan sebab memiliki kekuatan masa lalu yang dikenal luas,” katanya.

Pameran tersebut juga menjadi penanda perayaan hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang yang telah terjalin erat selama 65 tahun.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jelaskan sejarah kerajaan, Dubes: Indonesia tak hanya jajahan Belanda

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024