KPU Kota Yogyakarta terima 100 persen logistik pemilu tahap pertama

id KPU Kota Yogyakarta,logistik Pemilu,Pemilu 2024

KPU Kota Yogyakarta terima 100 persen logistik pemilu tahap pertama

Ilustrasi - Pekerja membongkar isi kotak suara Pemilu 2019 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo, Jawa Tengah, Senin (2/12/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp.

Yogyakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta menyatakan telah menerima 100 persen logistik Pemilu 2024 untuk tahap pertama yang kini telah tersimpan di gudang logistik, di Jalan Pramuka, Kota Yogyakarta.

Ketua KPU Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamodro di Yogyakarta, Rabu, mengatakan logistik tahap pertama mencakup bilik suara, kotak suara, tinta, segel, alat tulis kantor, alas dan paku coblos, hingga plastik pembungkus kotak suara.

"Tahap pertama sudah 100 persen. Itu yang sudah dipesan jauh-jauh hari dan kini sudah masuk di gudang logistik KPU Kota Yogyakarta," kata dia.

Menurut dia, surat suara yang merupakan bagian pengadaan logistik tahap dua baru dicetak oleh KPU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada pertengahan Desember 2023.

Karena itu, ia memperkirakan seluruh logistik tahap dua, termasuk salinan daftar caleg DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan kabupaten kota maupun capres-cawapres baru tiba di gudang logistik di Jalan Pramuka, Kota Yogyakarta pada pertengahan Januari 2024.

"Untuk surat suara semua dicetak oleh KPU DIY pada pertengahan Desember," ujar dia.

Menurut Harsya, Kota Yogyakarta bakal mendapat giliran terakhir menerima surat suara dari KPU DIY dibandingkan kabupaten lain karena dianggap memiliki topografi, SDM, gudang, serta sarana prasarana yang lebih mudah dan lengkap.

Setelah seluruh logistik tahap satu maupun dua telah masuk di gudang logistik KPU Kota Yogyakarta, kata Harsya, akan langsung dilakukan penyortiran serta pelipatan surat suara.

Dia menyebut seluruh logistik pemilu di Kota Yogyakarta bakal didistribusikan ke seluruh TPS pada 13 Februari 2024 atau pada H-1 sebelum pencoblosan.

"Tanggal 13 Februari mulai pagi, siang, hingga malam, KPPS akan mengambil logistik," ucap dia.

Harsya memastikan seluruh logistik yang tersimpan dalam dua bangunan gudang di Jalan Pramuka, Kota Yogyakarta dijaga ketat oleh aparat kepolisian selama 24 jam sehingga dijamin aman.

"Selama 24 jam ditunggu oleh satpam dan polisi dari Polresta Yogyakarta dan kami secara rutin juga melakukan monitoring ke gudang," ujar Harsya.