Lima kabupaten/kota di DIY raih penghargaan peduli HAM

id kanwilkumham DIY

Lima kabupaten/kota di DIY raih penghargaan peduli HAM

Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto memberikan sambutan saat acara penyerahan piagam penghargaan KKPHAM di Aula Kanwil Kemenkumham DIY, Selasa (19/12) (ANTARA/HO-Kemenkumham DIY)

Yogyakarta (ANTARA) - Seluruh wilayah di DIY meraih penghargaan Kabupetan/Kota Peduli HAM (KKPHAM).

Kanwil Kemenkumham DIY sebagai instansi pembina dalam pelaksanaan Penghormatan, Perlindungan, Pemenuhan, Penegakan dan Pemajuan Hak Asasi Manusia (P5HAM) di wilayah turut berbangga dan mengapresiasi pemerintah daerah dalam upaya pemajuan HAM. 
 
Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Agung Rektono Seto bersama Pemerintah Daerah DIY yang diwakili Plt Kepala Bidang Hukum Setda DIY menyerahkan piagam penghargaan KKPHAM di Aula Kanwil Kemenkumham DIY, Selasa (19/12/2023), yang diterima oleh perwakilan masing-masing Kabupaten/Kota di DIY. 
 
Penghargaan kepada Kabupaten/Kota Peduli HAM ini merupakan rangkaian dari Peringatan Hari HAM Sedunia ke-75, di mana Pemerintah Daerah DIY meraih penghargaan karena telah berhasil melaksanakan pembinaan dan pengembangan P5HAM di wilayahnya.

DIY menjadi salah satu dari 5 provinsi yang menerima penghargaan ini, karena seluruh Kabupaten/Kota di wilayahnya telah berpredikat Peduli HAM. 
 
"Patut kita banggakan bersama bahwa tahun 2023 Daerah Istimewa Yogyakarta memperoleh penghargaan sebagai provinsi yang berhasil membina dan membangun sebagian besar atau seluruh Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia," ujar Agung. 
 
"Seluruh daerah kabupaten/kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu 4 Kabupaten dan 1 
Kota 100 persen memperoleh predikat dan penghargaan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia," lanjutnya. 
 
Tolok ukur utama dari diraihnya penghargaan ini adalah pelayanan disabilitas serta pelayanan yang ramah anak dan perempuan.

Kriteria penilaian terbagi dalam 120 indikator berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 22 Tahun 2021.

Agung mengajak seluruh pihak untuk meningkatkan sinergi dan kerja sama agar DIY tetap berpredikat sebagai Daerah Peduli HAM. 
 
"Semua prestasi tersebut dapat diraih atas kerja sama dan koordinasi yang sangat baik yang dilakukan oleh Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Kanwil Kemenkumham DIY. Mari bersama-sama mempertahankan prestasi yang sudah diraih, memperbaiki agar DIY tetap berpredikat 100% Daerah Peduli Hak Asasi Manusia," tuturnya. 
 
Kanwil Kemenkumham DIY sendiri juga meraih penghargaan karena telah berhasil mendorong pemerintah daerah melaksanakan P5HAM di wilayahnya. Agung pun menegaskan pihaknya bersama Pemerintah Daerah DIY selaku instasi pembina Kabupaten/Kota Peduli HAM akan terus berkomitmen memajukan hak asasi manusia untuk semua orang.