Dispar Sleman memberi pelatihan penguatan kapasitas Desa Wisata Palgading

id Desa Wisata Palgading ,Dinas Pariwisata Sleman ,Wisata Sleman ,Sleman

Dispar Sleman memberi pelatihan penguatan kapasitas Desa Wisata Palgading

Peserta pelatihan penguatan kapasitas Desa Wisata Palgading yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman di Sleman, pada 16 dan 17 Januari 2024. ANTARA/HO-Dinas Pariwisata Sleman

Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan pelatihan kepada pengelola Desa Wisata Palgading, Kapanewon (Kecamatan) Ngaglik Sleman untuk memperkuat kapasitas dan kelembagaan desa wisata.

"Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pelatihan SDM pariwisata melalui kegiatan pokok pikiran anggota Komisi C DPRD Kabupaten Sleman Timbul Saptowo yang diselenggarakan selama dua hari tanggal 16-17 Januari 2024 di Ngaglik Sleman," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Selasa.

Menurut dia, pelatihan SDM desa wisata tersebut diikuti oleh 30 peserta dari pengelola desa wisata Palgading, dengan materi yang diberikan yaitu tata kelola desa wisata oleh ketua pengelola Desa Wisata Pentingsari, Cangkringan Ciptaningtyas.

"Kemudian materi pelayanan prima dalam desa wisata yang disampaikan akademisi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Minta Harsana," katanya.

Ia mengatakan, selain pembinaan dan pelatihan secara klasikan juga akan dilaksanakan kegiatan "benchmarking" ke Desa Wisata Tuksongo Borobudur Kabupaten Magelang.

"Setelah rangkaian pelatihan akan dilanjutkan dengan pendampingan secara efektif selama dua bulan dari praktisi pariwisata yang telah ditentukan," katanya.

Ishadi mengharapkan dengan adanya program pelatihan SDM desa wisata ini diharapkan ke depan desa-desa wisata di Kabupaten Sleman dapat berkembang dengan baik dari sisi pengelolaan dan pemanfaatan potensi maupun manajemen pengelolaan desa wisata.

"Sehingga desa wisata benar-benar dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya peningkatan perekonomian warga masyarakat setempat," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024