Elektabilitas Prabowo-Gibran capai 52 persen, ini survei ISC

id Survei ,Indonesia Survey Center ,ISC,Pilpres 2024,Pemilu 2024

Elektabilitas Prabowo-Gibran capai 52 persen,  ini survei ISC

Peneliti Indonesia Survei Center (ISC) Chairul Pane. ANTARA/Fauzi Lamboka

Jakarta (ANTARA) - Survei Indonesia Survey Center (ISC) menunjukkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 52 persen pada kontestasi Pilpres 2024.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar ada di urutan kedua dengan elektabilitas 21,7 persen, disusul duet Ganjar Pranowo-Mahfud Md. di urutan ketiga dengan elektabilitas 18,1 persen. Adapun sisanya terdiri atas undecided voters sebanyak 8,2 persen.

"Pasangan Prabowo-Gibran memenangi pertarungan dengan memperoleh 52,0 persen," kata Peneliti Senior ISC Chairul Pane dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Berdasarkan data tersebut, Chairul memperkirakan Prabowo-Gibran berpeluang besar untuk memenangi Pilpres 2024 dalam satu putaran saja.

"Hasil survei ini menunjukkan bahwa pemilu berpotensi besar akan berlangsung satu putaran. Prabowo-Gibran akan menjadi pemenangnya," ujarnya.

Apalagi, lanjut  dia, data yang disampaikan pada hari ini jika dibandingkan dengan data sebelumnya menunjukkan tren peningkatan yang positif dari Prabowo-Gibran.

"Dinamika elektabilitas pasangan calon pascadebat, Prabowo-Gibran justru trennya meningkat, dan pasangan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud cenderung menurun dari periode survei November 2023," kata Chairul.

Pada periode 25 November—4 Desember 2023, elektabilitas Prabowo-Gibran 44,4 persen, Ganjar-Mahfud 25,9 persen, dan Anies-Imin 25,4 persen.

Survei ISC juga menemukan data bahwa 80 persen responden sudah mantap akan memilih pasangan yang mereka sebutkan. Sementara itu, ada 15,7 persen yang masih ragu-ragu atas pilihannya, dan 4,3 persen yang memilih tidak menjawab.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Survei ISC: Elektabilitas Prabowo-Gibran tembus 52 persen
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024