Bantu tangani stunting, mahasiswa luncurkan Rumah Gemas

id rumah gemas jember,stunting jember,unej,lp2m unej

Bantu tangani stunting, mahasiswa luncurkan Rumah Gemas

Beberapa narasumber memberikan paparan saat peresmian Rumah Gemas di Balai Desa Kertonegoro, Kabupaten Jember, Rabu (24/1/2024). (ANTARA/HO-LP2M Unej)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Jember Membangun Desa meluncurkan Rumah Generasi Emas (Rumah Gemas) untuk membantu menangani persoalan stunting di Desa Kertonegoro, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Peresmian Rumah Gemas dihadiri oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unej Prof Yuli Witono dan Wakil Bupati Jember M. Balya Firjaun Barlaman di Desa Kertonegoro, Kecamatan Jenggawah, Rabu.

"KKN UMD sejak 2017 telah diformat secara tematik, sehingga disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan desa yang ditempati," kata Yuli Witono.

Menurut dia, mahasiswa KKN Kelompok 18 memiliki tematik stunting di Desa Kertonegoro dan telah menghasilkan program Rumah Gemas yang mempunyai makna sebagai wadah edukasi dan pelatihan masyarakat desa guna membebaskan desa dari persoalan stunting.

"Rumah Gemas sendiri menggambarkan komitmen untuk membentuk generasi yang sehat, cerdas, dan unggul, sehingga diharapkan dapat menjadi tonggak bersejarah dalam upaya mengurangi angka stunting di Desa Kertonegoro," tuturnya.

Sasaran Rumah Gemas yakni ibu hamil, calon ibu, anak balita, remaja putri, ibu menyusui, calon pengantin dengan aktivitas kegiatan yang dilakukan di antaranya pelatihan pembuatan makanan bergizi dan sosialisasi tentang perilaku hidup sehat.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024