Rembuk tata kelola gen AI, Wamenkominfo-Menteri Digitalisasi Belanda

id pengembangan AI, tata kelola AI, generative AI

Rembuk tata kelola gen AI, Wamenkominfo-Menteri Digitalisasi Belanda

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Digitalisasi Belanda Alexandra van Huffelen di Brdo Congress Centre, Slovenia, Senin (5/2/2024).  (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Digitalisasi Belanda Alexandra van Huffelen dan membahas pentingnya tata kelola kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) khususnya terkait dengan generative AI (Gen AI).

Menurut Wamen Nezar pembahasan dalam pertemuan itu juga mencakup peningkatan kapasitas sumberdaya manusia lewat AI.

“Kita mengadakan bilateral meeting dengan Belanda dan ada dialog yang cukup akrab terutama dalam soal Generative AI dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia,” kata Nezar dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa.



Ia melakukan pertemuan tersebut sebagai bagian dari rangkaian Forum Global UNESCO tentang Etika AI di Brdo Congress Centre, Slovenia, Senin (5/2).

Wamenkominfo menjelaskan pertemuan bilateral dengan Menteri Alexandra van Huffelen akan ditindaklanjuti dengan memperkuat kerja sama kedua negara dalam pemanfaatan teknologi AI.

“Kita mendapat sejumlah insight bagaimana Belanda mengatur Generative AI. Kerja sama akan kita follow-up dengan mencoba mempererat kerja sama pendidikan, dalam hal ini untuk membangun talenta digital yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Menurut Wamenkominfo, Indonesia dan Belanda juga sebelumnya telah menjalin kerja sama di sektor digital.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wamenkominfo dan Menteri Digitalisasi Belanda bahas tata kelola Gen AI
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024