Disdukcapil Kulon Progo melayani perekaman KTP-el pada pemilih pemula

id Perekaman KTP-el,Kulon Progo,Pemilu 2024

Disdukcapil Kulon Progo melayani perekaman KTP-el pada pemilih pemula

Disdukcapil Kulon Progo melayani perekaman KTP-el. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melayani perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik bagi pemilih pemula dan masyarakat umum sehingga dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 14 Februari 2024.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulon Progo Aspiyah di Kulon Progo, Jumat, mengatakan pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pada 6,8, 10 dan 11 Februari 2024 di kantor Disdukcapil.

"Disdukcapil Kulon Progo memiliki komitmen menyukseskan Pemilu 2024," kata Aspiyah.

Ia mengatakan antusias masyarakat yang melakukan perekaman dan cetak KTP-el sangat tinggi.

"Masyarakat pemohon layanan yang datang ke Disdukcapil cukup banyak. Sebagian mereka yang rekam dan cetak KTP," katanya.

Aspiyah mengatakan langkah-langkah yang ditempuh Disdukcapil yakni mensosialisasikan program Identitas Kependudukan Digital (IKD) juga memudahkan. Ketika pemilu ada anak yang sudah sudah memiliki KTP-el tapi hilang, maka dengan adanya IKD bisa ditunjukkan KTP-el melalui android akan lebih mudah.

"Disdukcapil sudah berkoordinasi dengan KPU Kulon Progo bahwa petugas-petugas di TPS ada masyarakat menunjukkan IKD, mereka bisa menerima," katanya.

Lebih lanjut, Aspiyah mengatakan Disdukcapil sudah kerja sama dengan sekolah menengah atas di wilayah itu, melakukan penyisiran untuk perekaman KTP-el.

"Kami mengerahkan sumber daya manusia (SDM) Disdukcapil melakukan perekaman di sekolah yang jumlah siswanya banyak. Sekali datang bisa 400 siswa. Siswa yang direkam tidak hanya usia 17 tahun, tapi juga 16 tahun. Sehingga suatu saat siswa usia 17 tahun, tinggal dicetak," katanya.

Selain itu, Disdukcapil melakukan pelayanan terpadu perekaman KTP-el di SMK Negeri 2 Pengasih dan SMK Maarif I dan SMK Negeri Panjatan.

Pelayanan terpadu ini, Disdukcapil mendapat fasilitasi dari Biro Tata Pemerintahan DIY dan didukung Disdukcapil kabupaten/kota se-DIY.

"Pada Sabtu (6/2), kami bisa merekam 610 siswa di tiga sekolah tersebut," katanya.

Aspiyah juga memastikan blanko KTP-el yg tersedia di Disdukcapil Kulon Progo sampai hari H Pemilu 2024 sangat aman.

"Sampai hari ini, blanko KTP-el tersedia masih 10.424 keping," katanya.