Bermusik berguna tingkatkan kemampuan ingatan di usia senja

id Musik,Bernyanyi,Dementia,Usia tua,Kesehatan otak,Kemampuan ingatan

Bermusik berguna tingkatkan kemampuan ingatan di usia senja

Bermain Violin Bantu Stimulasi Otak Sejumlah anak yang tergabung dalam Otodidak Violin Comunity belajar bermain alat musik Violin di halaman Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Minggu (15/12). Berdasarkan beberapa penelitian bermain alat musik violin atau biola dapat membantu menstimulasi kerja otak dalam hal meningkatkan kecerdasan serta daya ingat pada anak. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Jakarta (ANTARA) - Sebuah riset yang dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Inggris yang tergabung dalam Protect menunjukkan bernyanyi atau memainkan alat musik memiliki manfaat, yakni dapat meningkatkan kemampuan ingatan di usia senja.

Bermusik diketahui memiliki sejumlah manfaat seperti mengurangi stres dan kecemasan, mengatur tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, hingga membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Hasil penelitian Protect yang dipublikasikan di International Journal of Geriatric Psychiatry menemukan bahwa bernyanyi dan bermain musik, khususnya piano, dapat meningkatkan kemampuan ingatan dan fungsi otak seseorang.

"Menjaga otak tetap aktif sepanjang hidup berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif, sehingga mengurangi risiko gangguan kognitif di usia tua. Penelitian sebelumnya telah mengidentifikasi hubungan potensial antara musik dan kognisi," tulis hasil riset tersebut dikutip dari Medical Daily pada Kamis.


Dalam melakukan riset, tim peneliti mengamati lebih dari seribu orang dewasa di atas usia 40 tahun untuk meneliti manfaat memainkan alat musik dan bernyanyi terhadap kesehatan otak.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bermusik bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan ingatan di usia senja
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024