Komnas HAM: Warga agar gunakan hak pilih dengan kritis

id Komnas HAM ,Pemilu 2024 ,Pemilihan Umum

Komnas HAM: Warga agar gunakan hak pilih dengan kritis

Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro diwawancarai awak media di sela Konferensi Regional ASEAN terkait TPPO di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (7/11/2023) (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

Jakarta (ANTARA) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI menyampaikan beberapa imbauan bagi masyarakat Indonesia menjelang hari pemungutan suara, salah satunya mengimbau untuk menggunakan hak pilihnya secara kritis dan rasional.
 
“Komnas HAM berharap agar setiap warga negara untuk menggunakan hak pilihnya secara kritis dan rasional untuk memilih pemimpin dan para wakil rakyat terbaik yang akan menduduki lembaga eksekutif dan legislatif,” kata Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro dalam keterangan tertulis yang dikutip di Jakarta, Selasa.

Lembaga tersebut berharap publik tidak hanya mempelajari visi, misi, dan program kerja para kandidat, tetapi juga rekam jejak dan pengalaman para kandidat.
 
Masyarakat juga diharapkan agar bijaksana dan kritis dalam menanggapi berbagai isu terkait pemilu yang berkembang saat ini dan mengabaikan berbagai tindakan manipulasi serta hoaks, isu SARA, maupun politik uang.
 
Sebagai rakyat yang akan memberikan suaranya, Atnike mengingatkan calon pemilih untuk ikut aktif turut serta dalam pelaksanaan pengawasan Pemilu 2024.
 
“Mengimbau masyarakat untuk turut serta secara aktif mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024 agar berjalan sesuai aturan, kode etik, dan nilai-nilai demokrasi,” ujarnya.
  

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Komnas HAM imbau warga gunakan hak pilihnya secara kritis
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024