Coblos Prabowo, mayoritas pemilih puas dengan Jokowi

id Pemilu 2024,Presiden Jokowi,Prabowo-Gibran,Pilpres 2024,Kinerja Jokowi

Coblos Prabowo, mayoritas pemilih puas dengan Jokowi

Tangkapan layar acara "Rilis Exit Poll Pilpres 2024: Basis Demografi dan Perilaku Pemilih" yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu (21/02/2024). ANTARA/Agatha Olivia Victoria

Jakarta (ANTARA) - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia melakukan exit poll saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan hasil yang menunjukkan bahwa mayoritas pemilih yang puas dengan kinerja Presiden RI Joko Widodo mencoblos pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dari hasil exit poll, kata founder dan Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, sekitar 80 persen pemilih mengaku puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

"Pemilih yang puas semacam memberi rewards kepada Jokowi yang mendukung Prabowo secara implisit. Meskipun secara eksplisit, dukungan terlihat dari pencalonan Gibran sebagai cawapres," kata Burhanuddin dalam acara Rilis Exit Poll Pilpres 2024: Basis Demografi dan Perilaku Pemilih yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu.

Selain mendukung pasangan Prabowo-Gibran, Burhanuddin menyebutkan mayoritas pemilih yang puas dengan kinerja Jokowi cenderung mencoblos pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Namun, kata dia, paslon Prabowo-Gibran tetap mendominasi pemilih tersebut lantaran pasangan Ganjar-Mahfud sempat mengubah strategi program dari "keberlanjutan program tanpa syarat" menjadi "perbaikan program".

Bahkan, dia menuturkan bahwa Ganjar sempat mengkritik tajam Presiden Jokowi beberapa saat sebelum pemilihan berlangsung.

"Hal tersebut yang membuat suara untuk Ganjar-Mahfud hilang karena mayoritas masyarakat puas dengan kinerja Jokowi," tuturnya.

Sebaliknya, sambung dia, mayoritas pemilih yang mengaku kurang puas dengan kinerja Presiden Jokowi cenderung mencoblos pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar lantaran pasangan calon nomor urut 1 ini memiliki narasi "perubahan" untuk setiap program Jokowi yang sudah ada.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Indikator: Mayoritas pemilih yang puas dengan Jokowi mencoblos Prabowo
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024