Wapres RI di Selandia Baru tinjau penyembelihan sapi bersertifikasi halal

id Wapres Ma'ruf Amin, daging halal, Selandia Baru

Wapres RI di Selandia Baru tinjau penyembelihan sapi bersertifikasi halal

Salah satu petugas penyembelih hewan di perusahaan Taylor Preston menguliti sapi yang telah dipotong secara halal di fasilitas pemotongan hewan Taylor Preston, Ngauranga Gorge, Selandia Baru, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden)

Wellington, Selandia Baru (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meninjau proses penyembelihan hewan sapi bersertifikasi halal di perusahaan ekspor daging, Taylor Preston, Selandia Baru, Kamis.   

Peninjauan itu dalam rangka memastikan produk daging yang diekspor ke Indonesia telah memenuhi standar penilaian sertifikasi halal secara global dan nasional.

"Saya baru melihat ini, melihat sapi dan daging halal di perusahaan Taylor Preston yang salah satu produknya diekspor ke Indonesia," kata Wapres Ma'ruf usai peninjauan.

Sejumlah kriteria yang dinilai Wapres mulai dari sertifikat pengakuan halal dari beberapa lembaga halal di Selandia Baru yang memperoleh dukungan Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) di bawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) RI.  

Usai meninjau dokumen sertifikasi halal di perusahaan yang berdomisili di Ngauranga Gorge itu, Wapres kemudian meninjau proses penyembelihan hewan sapi.

"Mereka pemingsanan melalui penyetruman di dagu, tidak di jidat. Informasinya memang tidak sampai mematikan, hanya memingsankan saja dan kalau dipotong dalam tempo beberapa menit selesai secara otomatis mekanik cepat sekali," katanya.

Dikatakan Wapres perusahaan keluarga yang berdiri sejak 1991 itu memiliki kemampuan menyembelih 450 hingga 600 ekor sapi per hari. Sebagian kecilnya diekspor ke Indonesia.

Sedangkan ekspor terbanyak mengarah ke China dan Amerika Serikat, kata Wapres menambahkan.

"Diekspor ke Indonesia hanya sebagian kecil. Kalau untuk dunia paling banyak saya tanya ke China dan Amerika Serikat," ujarnya.

Meski kuota ekspor daging dari Taylor Preston ke Indonesia terbilang kecil, Wapres Ma'ruf menyebut komoditas serupa juga dikirim ke Indonesia dari perusahaan lain, di antaranya dari Australia dan Brasil.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat menyampaikan keterangan usai meninjau proses penyembelihan hewan bersertifikasi halal di perusahaan ekspor daging Taylor Preston, Selandia Baru, Kamis (29/2/2024). (ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden)



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres tinjau penyembelihan sapi bersertifikasi halal di Selandia Baru