Buruan beli, Samsung tawarkan Galaxy A05, ini fiturnya

id samsung galaxy a05,galaxy a05,ramadan galaxy a05,ponsel ramadhan,paket ramadhan

Buruan beli, Samsung tawarkan Galaxy A05, ini fiturnya

Samsung Galaxy A05 berwarna Light Green. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan bulan Ramadhan, Samsung meluncurkan kembali ponsel mereka dalam bentuk paket bernama Ramadan Galaxy A05 untuk menyemarakkan bulan puasa.

Paket Ramadan Galaxy A05 dikemas dalam kotak berwarna hijau, sewarna dengan daun kelapa muda yang dijadikan kulit ketupat. Di dalam kotak edisi khusus itu, terdapat satu unit Samsung Galaxy A05, satu unit travel adapter (kepala charger) 25W dan satu earphone kabel merek Robot.



Senada dengan namanya edisi Ramadan, Samsung memberikan satu buah sajadah berukuran kecil, yang cocok untuk dibawa bepergian dan satu unit tasbih digital.

Sajadah bisa dilipat menjadi seukuran genggaman tangan, bobotnya ringan serta terbuat dari bahan yang kedap air dan mudah dibersihkan. Untuk memudahkan penyimpanan, sajadah ditautkan dengan karet kepada kantong penyimpanan.

Sementara itu, tasbih digital dilengkapi dengan tali supaya perangkat bisa dikaitkan ke jari seperti memakai cincin.

Bodi dan layar ponsel

ANTARA mendapatkan unit Galaxy A05 berwarna Light Green dengan kapasitas 4GB+64GB. Pada bodi bagian belakang, terdapat aksen garis vertikal, namun, ketika dipegang, tidak terasa tekstur.

Meski pun tergolong ponsel kelas entry-level, Galaxy A05 memiliki tampilan minimalis dan elegan berkat penggunaan material plastik polikarbonat, sebuah peningkatan yang diberikan Samsung untuk seri Galaxy A.

Bodi bagian belakang ponsel tidak mengilap, namun, setelah digenggam, akan terlihat jelas bercak-bercak jari.
Samsung meluncurkan edisi terbatas paket Ramadan Samsung Galaxy A05. (ANTARA/Natisha Andarningtyas)


Samsung menggunakan desain bersih alias tidak ada panel untuk area kamera belakang. Mengikuti tren masa kini, dua kamera belakang Galaxy A05 menonjol dibandingkan area sekelilingnya.

Samsung memberikan cincin pada sekeliling kamera untuk melindunginya. Ketika ditaruh dengan posisi layar menghadap ke atas, relatif tidak ada bagian yang menonjol dari bodi belakang Galaxy A05.

Bobot ponsel pun ringan, untuk ukuran gawai dengan layar 6,7 inci, yaitu 195 gram. Ponsel itu juga nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Pada bagian depan, Samsung menggunakan desain takik Infinity-U berbentuk water drop (tetesan air) untuk menempatkan kamera depan.



Mengingat segmen entry-level yang disematkan pada ponsel itu, Samsung tidak memberikan pemindai sidik jari kepada Galaxy A05. Tapi, gawai itu masih memiliki fitur kunci biometrik berupa facial recognition (pengenalan wajah).

Samsung juga memberikan fitur pengaturan tingkat kecerahan adaptif pada layar HD+ PLS 60Hz yang digunakan pada Galaxy A05. Meski sedikit lambat, fitur tersebut bekerja dengan baik.

Ketika pengguna berpindah dari dalam ke luar ruangan, layar secara otomatis akan menyesuaikan tingkat kecerahan sehingga layar ponsel masih terlihat ketika berada di bawah sinar matahari yang terik.

Galaxy A05 sudah mendukung fitur split screen, yaitu membagi layar agar pengguna bisa melakukan dua tugas sekaligus. Menjelang berbuka puasa, fitur itu bisa digunakan untuk mendiskusikan menu berbuka puasa.

Buka aplikasi YouTube bawaan dari ponsel, kemudian bagikan video resep masakan dengan aplikasi pesan instan. Dengan split screen, pengguna tidak perlu masuk-keluar aplikasi, namun, cukup berpindah dari layar atas ke bawah ketika ingin membagikan tautan.

Perangkat lunak

Ketika baru dibuka dari segelnya, Galaxy A05 berjalan dengan antarmuka One UI Core 5.1 yang berbasis sistem operasi Android 13. Sistem tersebut adalah wajar karena edisi Ramadan Galaxy A05 adalah ponsel yang sama dengan Galaxy A05 yang diluncurkan di Indonesia pada Oktober 2023.

Namun, pengguna bisa meningkatkan antarmuka menjadi One UI 6 berbasis Android 14 setelah digunakan. One UI 6 membawa sejumlah pembaruan, antara lain tombol khusus Bluetooth dan Wi-Fi pada laci layar atas dan mode pesawat yang lebih cerdas, yaitu ponsel akan mengingat ketika Wi-Fi atau Bluetooth menyala saat ponsel dalam mode pesawat sehingga saat berikutnya pengguna menggunakan mode pesawat, kedua fitur itu akan tetap menyala.

Samsung menjanjikan peningkatan sistem operasi hingga dua generasi untuk Galaxy A05 dan pembaruan keamanan selama empat tahun.

Kamera

Fitur unggulan Galaxy A05 terletak pada kamera belakang, yang memiliki resolusi 50MP. Setelan utama kamera ialah 12MP, namun, Samsung menggunakan teknologi pixel binning (kerapatan piksel), yaitu menggabungkan beberapa piksel sekaligus untuk menghasilkan satu piksel berukuran lebih besar.



Dengan kerapatan piksel, kamera bisa menangkap cahaya lebih banyak sehingga kualitas gambar pun meningkat.

Jika berfoto dengan kamera 12MP Galaxy A05, pengguna akan mendapatkan fitur pembesaran hingga 2x. Namun, fitur pembesaran tidak berlaku pada kamera 50MP.  

 dengan judul: Samsung tawarkan paket Ramadan Galaxy A05 untuk semarakkan puasa
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024