Pemerintah segera bayar utang "rafaksi" minyak goreng kepada pengusaha

id Kemenperin, rafaksi minyak goreng, utang

Pemerintah segera bayar utang "rafaksi" minyak goreng kepada pengusaha

Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika (pertama kiri) dan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita (tengah) dalam acara bazar lebaran 2024 di Jakarta, Senin (25/3/2024( (ANTARA/Muzdaffar Fauzan)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian menyampaikan pemerintah akan membayar utang selisih harga atau "rafaksi" minyak goreng kepada pengusaha di sektor tersebut.

Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika di Jakarta, Senin, mengatakan keputusan itu berdasarkan rapat yang dilakukan dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), serta instansi lain yang terkait dengan penyelesaian utang rafaksi.

"Tadi disepakati dan ditetapkan oleh Pak Menko seperti itu," katanya.

Dirinya mengatakan realisasi waktu penyelesaian selisih utang minyak goreng belum bisa dipastikan, namun meski demikian menurutnya penyelesaian rafaksi bisa lebih baik bila direalisasikan dalam waktu dekat. "Makin cepat, makin bagus,"

Adapun menurutnya keputusan pembayaran rafaksi itu turut berdasarkan masukan dari Kejaksaan Agung, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), dan instansi lain yang terkait dengan pembayaran rafaksi.

"Jadi berdasarkan masukan dari Kejaksaan Agung, BPDPKS dan semua 'stakeholder'," katanya

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenperin sebut utang "rafaksi" minyak goreng akan dibayar
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024