Jokowi meresmikan Pelabuhan Wani dan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu

id Presiden Jokowi ,Kunker Presiden Jokowi ,Peresmian pelabuhan wani,Pelabuhan Pantoloan ,Kabupaten Donggala ,Sulteng

Jokowi meresmikan Pelabuhan Wani dan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu

Presiden RI Joko Widodo (keempat kiri) meresmikan Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu dengan secara simbolis mendorong tuas kapal, bertempat di Pelabuhan Wani, Kabupaten Donggala, Rabu (27/3/2024) (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pelabuhan pascabencana 2018 di Kawasan Teluk Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), yakni Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan, pada hari kedua kunjungan kerja di daerah itu.
 
"Pelabuhan luluh lantak dan berkat kegigihan semuanya, Alhamdulillah, kita resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastuktur pelabuhan di Kawasan Teluk Palu, yaitu Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan," kata Presiden Jokowi di Kabupaten Donggala, Sulteng, Rabu.
 
Presiden mengatakan bahwa dua pertiga dari negara Indonesia adalah berupa air dan samudera, sehingga sektor maritim dan pelabuhan menjadi kunci bagi perkembangan ekonomi Indonesia.
 
Menurut Presiden, keberadaan pelabuhan sangat penting bagi mobilitas barang maupun orang, namun bencana alam gempa bumi dan tsunami pada tahun 2018 di Kota Palu, Sulawesi Tengah meluluhlantakkan pelabuhan tersebut.
 
 
Menyikapi hal itu, Presiden mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2018 tentang Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana Gempa Bumi dan Tsunami di Provinsi Sulteng dan wilayah terdampak lainnya.
 
Karena itu, Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu merupakan dua pelabuhan yang telah direhabilitasi dan direkonstruksi pascabencana gempa bumi yang melanda pada 28 September 2018 lalu.
 
"Rehabilitasi ini dibiayai dari Asian Development Bank (ADB) sebesar Rp233 miliar dengan tujuan mengembalikan fungsi pelabuhan yang terdampak bencana gempa dan tsunami," ujarnya.
 
Selain itu, kata Presiden, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas layanan pelabuhan sebagai simbol aktivitas logistik dan meningkatkan konektivitas daerah untuk mendukung aktivitas ekonomi di Provinsi Sulawesi Tengah.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden resmikan Pelabuhan Wani dan Pantoloan di Kawasan Teluk Palu
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024