Pantau risiko bencana, pemudik perlu gunakan InaRisk

id BNPB, InaRisk, mudik, Idul Fitri, mitigasi bencana, Kantor staf Presiden

Pantau risiko bencana, pemudik perlu gunakan InaRisk

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi saat menyampaikan keterangan dalam konferensi pers bertajuk Kesiapan Pemerintah Hadapi Risiko Bencana Hidrometeorologi diikuti dari aplikasi Zoom Kantor Staf Presiden di Jakarta, Selasa (2/4/2024). (ANTARA/Andi Firdaus).

Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyarankan para pemudik untuk memanfaatkan Aplikasi InaRisk yang menampilkan tingkat risiko bencana sekaligus saran untuk mitigasi.

"Bagi yang ingin mengetahui daerah aman bencana atau seberapa tinggi risiko bencana di daerah, silakan download InaRisk," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Prasinta Dewi dalam konferensi pers bertajuk Kesiapan Pemerintah Hadapi Risiko Bencana Hidrometeorologi diikuti dari aplikasi Zoom Kantor Staf Presiden di Jakarta, Selasa.

InaRisk dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store. Aplikasi itu berbentuk portal kajian risiko bencana yang menampilkan informasi, ancaman bencana, kerentanan (populasi, kerugian fisik, ekonomi, dan lingkungan), kapasitas, hingga risiko bencana.

Inarisk juga dapat menampilkan pantauan indeks risiko bencana sehingga bisa dipahami secara langsung oleh pengguna dan segera memutuskan langkah mitigasi yang tepat.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB sarankan pemudik gunakan InaRisk untuk pantau risiko bencana