BRIN: Pemicu hujan lebat sering muncul di utara Jawa Tengah

id brin,hujan lebat,cuaca ekstrem,semenanjung muria,gunung muria,banjir jawa tengah

BRIN: Pemicu hujan lebat sering muncul di utara Jawa Tengah

Peneliti Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin memaparkan hasil riset tentang fenomena cuaca ekstrem dalam sebuah diskusi yang digelar di ruang Media Lounge BRIN, Gedung BJ Habibie, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2024). ANTARA/Sugiharto Purnama

Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan berbagai faktor yang menjadi pemicu hujan lebat hingga ekstrem selalu terkonsentrasi di wilayah utara Jawa Tengah.
 
Peneliti Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin mengatakan bentuk Semenanjung Muria dengan Gunung Muria di bagian utara—gunung satu-satunya yang terletak di pesisir utara Jawa, menjadi daerah tangkapan hujan yang berperan menarik hujan dari laut ke darat.

"Pola konveksi laut sangat intens terbentuk jelang tengah malam dalam pola badai squall line. Hujan deras dengan petir dan angin kencang dapat dihasilkan oleh badai squall line," kata Erma melalui cuitan pada akun X miliknya yang dikutip di Jakarta, Rabu.
 
Squall line atau garis badai adalah sekelompok badai yang tersusun dalam satu garis yang sering kali disertai dengan angin kencang dan hujan lebat. Panjang garis badai bisa mencapai ratusan mil, tetapi lebar biasanya hanya 10 atau 20 mil.
 
Erma menjelaskan konveksi laut utara Jawa Tengah tak hanya bisa terbentuk orisinal, tapi juga dipengaruhi oleh penjalaran dari Pulau Kalimantan.
 
Apabila hujan turun di Kalimantan Selatan, maka hujan dapat menjalar ke laut dan menuju Jawa Tengah.
 
Menurutnya, konveksi laut utara Jawa Tengah juga diperkuat dengan penjalaran konveksi yang telah terbentuk di utara Jabodetabek.
 
"Oleh angin baratan, hujan di utara Jawa Barat dapat terus menjalar ke timur dan berakhir di Jawa Tengah karena tertahan Semenanjung Muria," kata Erma.
  
  
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BRIN ungkap pemicu hujan lebat sering muncul di utara Jawa Tengah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024