Dispar Sleman melayani wisatawan Lebaran 2024 dengan aman dan nyaman

id Dispar Sleman ,Liburan lebaran 2024,Destinasi Wisata Sleman ,Wisata lebaran Sleman ,Pariwisata Sleman

Dispar Sleman melayani wisatawan Lebaran 2024 dengan aman dan nyaman

Arsip-Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid. ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyambut dan melayani dengan aman dan nyaman wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata di wilayah itu selama libur Lebaran 2024.

"Kami siap menyambut kunjungan wisatawan ke Sleman dengan poin penting memberikan rasa keamanan dan kenyamanan wisatawan di destinasi wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Rabu.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya untuk memastikan pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety & Environment sustainability" (CHSE) di destinasi wisata dan desa wisata yang ada di Sleman.

"Pelaksanaan CHSE juga kami pastikan dilaksanakan di sektor usaha jasa pariwisata, seperti penyediaan akomodasi, makan dan minum, cenderamata dan usaha lainnya yang mendukung kegiatan wisata," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga terus memantau dan mewaspadai perkembangan perubahan cuaca dan memperhatikan informasi BMKG terkait potensi bencana alam, terutama di destinasi wisata rawan bencana.

"Kami juga memastikan selalu mematuhi dan mengikuti arahan dari BPPTKG dan BPBD Kabupaten Sleman ketika terjadi peningkatan aktivitas Gunung Merapi yang mengakibatkan perubahan status gunung api itu," katanya.

Ishadi mengatakan dalam upaya antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Dinas Pariwisata Sleman juga melakukan kerja sama dan koordinasi dengan layanan kedaruratan dan keamanan terdekat seperti rumah sakit, Palang Merah Indonesia (PMI) setempat, jajaran kepolisian dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman.

"Hal ini demi menjamin keselamatan dan keamanan wisatawan yang berkunjung di Sleman," katanya.

Ia mengatakan yang juga tidak kalah penting adalah menjamin keselamatan dan keamanan karyawan dan wisatawan di destinasi wisata, desa wisata dan usaha jasa pariwisata, melalui kalibrasi atau uji petik keamanan dan kelaikan serta melakukan perawatan terhadap fasilitas/wahana usaha secara berkala.

"Uji petik ini dilakukan terutama bagi pengelola jip wisata di Kawasan Kaliurang, Kawasan Kaliadem di lereng Gunung Merapi dan Taman Tebing Breksi di perbukitan Prambanan," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024