Rukun Mitra Santosa Gunungkidul santuni ratusan yatim-duafa

id Rukun Mitra Santosa,Gunungkidul,Yatim

Rukun Mitra Santosa Gunungkidul santuni ratusan yatim-duafa

Bupati Gunungkidul Sunaryanta menyerahkan santunan kepada anak yatim dan duafa di Kalurahan Mertelu. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Rukun Mitra Santosa Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyantuni 350 anak yatim dan duafa di wilayah itu dengan harapan dapat merayakan Lebaran 2024 dengan hati gembira.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Sabtu, mengatakan bantuan diberikan tepat waktu menjelang Idul Fitri 2024, sehingga mudah mudahan bantuan dapat meringankan beban masyarakat penerima manfaat.

"Kami sangat mengapresiasi pemberian bantuan sosial ini. Kegiatan diinisiasi oleh Marine Cruise Yogyakata bersama Rukun Mitra Santosa. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi penerima," kata Sunaryanta usai penyerahan bantuan sosial ini dilakukan di Balai Kalurahan Mertelu, Kapanewon Gedangsari dalam rilisnya.

Ia sangat terharu melihat penerima "bingkisan lebaran" dengan senang hati. Pada bulan yang penuh berkah ini, semua pihak bisa bersama-sama memberikan tanda cinta kasih pada sesama yang membutuhkan, khususnya anak yatim dan kaum duafa.

"Mereka menerima bingkisan sembako dan bingkisan lebaran dengan senang hati," katanya.

Diretur CV Rukun Mitra Santosa, Nurhidayat mengatakan bantuan yang diberikan menyasar 350 anak yatim dan duafa. Mereka mendapatkan beras, minyak goreng, teh celup, roti 1 kaleng, susu, sirup, gula pasir dan permen.

"Kita berkoordinasi dengan pak dukuh untuk mencari data anak yatim dan duafa, Alhamdulillah semua tersasar dari 10 padukuhan yang ada di Kalurahan Mertelu," papar Nurhidayat.

Ia mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan keberkahan bagi para penerima, serta menambah rasa suka cita dalam menyambut Hari Kemenangan. 

Dia berharap tahun depan kegiatan serupa dapat digelar jauh lebih baik lagi.

"Harapan kami agar kegiatan ini dapat dilakukan kembali setiap tahunnya," katanya. 

Sebagai putra daerah, Nur mengaku berkomitmen membantu pemerintah daerah dalam pengentasan kemiskinan. Pihaknya memberikan peluang kepada masyarakat yang memiliki anak lulusan SMA/ SMK Sederajat untuk bekerja di luar negeri, baik hotel maupun kapal pesiar melalui PT Marine Cruise Yogyakarta.

"Untuk pembiayaan akan kami siapkan dana talangan, yang paling penting modalnya cukup niat dan kemauan. Ini khusus saya berikan kepada warga Kalurahan Mertelu sini ," kata Nur.

Selain bansos, CV Rukun Mitra Santosa juga konsen terhadap pembangunan fisik khususnya di wilayah Kalurahan Mertelu. Hal ini akan terus dilakukan bertahap dengan harapan infrastruktur akan menjadi lebih baik.

"Ini tanah kelahiran saya. Terima kasih kepada Bupati Gunungkidul Sunaryanta yang terus memberikan dukungan ," katanya.