Konflik Iran-Israel tak bawa dampak signifikan ekonomi RI

id Konflik Iran dan Israel,Ekonomi Indonesia

Konflik Iran-Israel tak bawa dampak signifikan ekonomi RI

Sebuah kapal tanker bermuatan bahan bakar minyak (BBM) sandar di dermaga pelabuhan PT Pertamina (Persero) Dumai, Dumai, Riau. ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/wsj.

Jakarta (ANTARA) -
Ekonom Ibrahim Assuabi mengatakan perekonomian Indonesia tidak terdampak signifikan oleh konflik Iran-Israel karena ketahanan ekonomi yang solid didukung dengan pertumbuhan ekonomi domestik yang terus berlanjut dan ekspansif.
 
"Indonesia ini sebenarnya sudah mewanti-wanti, sudah mempunyai strategi, pada saat terjadi konflik di Rusia-Ukraina pun sudah bersiap-siap seandainya dalam kondisi yang darurat ekonomi global mengalami satu permasalahan yang serius, Indonesia akan melakukan fokus dalam negeri," kata Ibrahim kepada ANTARA di Jakarta, Senin.
 
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang solid utamanya ditopang oleh konsumsi domestik yang meningkat, terutama saat perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti Idul Fitri dan mudik. Hal ini turut mendukung ketahanan ekonomi Indonesia menghadapi gejolak yang terjadi di luar negeri.
 
"Terbentuknya produk domestik bruto pertumbuhan ekonomi itu kan hampir 60 persen itu kan dari konsumsi masyarakat sehingga pemerintah ini berfokus terhadap bansos, BLT dan lain-lain. Tujuannya adalah untuk menggenjot konsumsi masyarakat dan konsumsi masyarakat ini memang terbukti cukup bagus," ujarnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan IV-2023 tumbuh sebesar 5,04 persen secara year on year (yoy), meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 4,94 persen (yoy).
 
Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan tahun 2023 tercatat tumbuh kuat sebesar 5,05 persen (yoy).
 
Selain itu, dunia usaha di Indonesia sedang berada di fase ekspansi, yang ditunjukkan oleh PMI Manufaktur S&P Global Indonesia naik menjadi 54,2 pada Maret 2024 dari 52,7 pada Februari 2024. Pengembangan infrastruktur dalam negeri juga terus berlanjut.
 
Selanjutnya, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret 2024 tetap tinggi sebesar 140,4 miliar dolar AS. Cadangan devisa tersebut dinilai mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.
 
Jika konflik Iran-Israel berujung perang, maka pengaruhnya akan luar biasa, baik bagi global maupun domestik. Namun, Ibrahim melihat konflik tersebut kemungkinan besar tidak akan berkepanjangan. Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-bangsa melakukan sidang darurat membahas konflik tersebut. Amerika Serikat pun sudah mewanti-wanti terhadap Israel agar tidak melakukan penyerangan balik terhadap Iran.
 
Di samping itu, konflik Iran-Israel juga tidak berdampak signifikan pada nilai tukar rupiah terhadap dolar AS saat ini karena pasar Indonesia sedang libur nasional dalam perayaan Idul Fitri 2024. Kurs rupiah pada dua pekan terakhir bergejolak di perdagangan internasional utamanya dipengaruhi oleh sentimen waktu dan besaran penurunan suku bunga acuan global.
 
"
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pakar: Ekonomi Indonesia tak terdampak signifikan konflik Iran-Israel
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024