Starlink uji coba di IKN mulai Mei 2024

id Starlink,Uji coba Starlink,Penyedia layanan internet

Starlink uji coba di IKN mulai Mei 2024

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi (dua kanan) dalam wawancara cegat usai kegiatan halal bihalal di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Selasa (16/4/2024) (ANTARA/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengabarkan bahwa perusahaan penyedia jasa telekomunikasi asal Amerika Serikat, Starlink akan mulai melakukan uji coba di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Mei.

"(Jadwal pengujiannya) rencananya bulan Mei, kita tunggu saja. Tanggalnya belum, tapi kisaran bulan Mei," ujar Budi Arie di Jakarta, Selasa.

Budi Arie menjelaskan bahwa uji coba tersebut dilakukan di IKN karena teknologi Starlink berbasis satelit, sehingga pengetesan harus dilakukan di daerah yang minim infrastruktur telekomunikasi.

Dengan demikian, hasil uji coba tersebut dapat memberikan gambaran yang akurat tentang efektivitas dan keandalan layanan di lingkungan yang belum memiliki infrastruktur telekomunikasi memadai seperti di IKN.

Nantinya, kata dia, apabila uji coba tersebut berjalan lancar dan perusahaan telah memenuhi berbagai persyaratan, maka tidak menutup kemungkinan layanan Starlink akan diluncurkan pada perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada Agustus tahun ini di IKN.

"Kalau uji cobanya berlangsung baik, terus Uji Laik Operasi (ULO) kita keluarkan, dan juga memenuhi semua peraturan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia, kita akan izinkan Starlink beroperasi," kata Budi Arie.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menkominfo kabarkan Starlink uji coba di IKN mulai Mei
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024