Fundamental ekonomi Indonesia kokoh tahan pelemahan rupiah

id wamenkeu,kemenkeu,kemenko perekonomian,rupiah melemah,stabilitas rupiah,konflik iran israel,fundamental ekonomi

Fundamental ekonomi Indonesia kokoh tahan pelemahan rupiah

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara (kanan) bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) saat konferensi pers di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (18/4/2024). ANTARA/Rizka Khaerunnisa

Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara memastikan bahwa kondisi fundamental ekonomi Indonesia saat ini masih kuat untuk menahan laju pelemahan rupiah yang terjadi selama dua hari pasca-libur panjang Lebaran 2024.

"Fundamental ekonomi kita baik. Namun sebelum dan selama libur Lebaran itu benar-benar terjadi beberapa perubahan di dunia internasional," kata Suahasil saat konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Selama libur Lebaran di Indonesia, kata Suahasil, inflasi Amerika Serikat (AS) diumumkan dan angkanya lebih tinggi dari ekspektasi pasar dan para analis.

Proyeksi penurunan suku bunga acuan Bank Sentral AS atau The Fed pun menjadi semakin mundur atau higher for longer, sehingga mendorong penguatan indeks dolar AS.

Kemudian, pelemahan rupiah juga dibayangi oleh konflik geopolitik yang memanas antara Iran dan Israel pada Sabtu (13/4).

"Setelah libur Lebaran dibuka di Selasa (16/4), kemudian terjadi beberapa perubahan. Kita melihat bahwa dalam dua hari ini telah mereda, tentu kita berharap tidak terjadi eskalasi konflik di global," kata Suahasil.

Dia menegaskan bahwa pemerintah akan terus mengamati dan mencermati perkembangan situasi global. Suahasil juga menekankan pentingnya menjaga volatilitas nilai tukar rupiah.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wamenkeu: Fundamental ekonomi RI kuat untuk tahan pelemahan rupiah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024