Cuaca ekstrem disertai hujan landa Indonesia

id Prakiraan cuaca,Bmkg

Cuaca ekstrem disertai hujan landa Indonesia

Warga berjalan dengan menggunakan payung saat hujan di Depok, Jawa Barat, Jumat (22/3/2024). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom.)

Jakarta (ANTARA) -
BMKG mengingatkan sebagian besar wilayah di Indonesia masih berstatus waspada terhadap cuaca ekstrem.
 
Berdasarkan laman BMKG yang dipantau di Jakarta pada Jumat pagi, wilayah dengan status waspada cuaca ekstrem berpotensi alami angin puting beliung, hujan lebat, kilat, petir, bahkan hujan es.
 
Beberapa wilayah dengan status waspada cuaca ekstrem itu meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.
 
Wilayah lainnya yang berstatus waspada ialah Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua dan Papua Selatan.
 
Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat di wilayah tersebut untuk waspada terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG sebut sebagian besar daerah berstatus waspada cuaca ekstrem 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024