PT Pertamina-Eni Italia kelola hulu migas

id PERTAMINA,ENI,MIGAS,PRODUKSI MIGAS,HULU MIGAS

PT Pertamina-Eni Italia kelola hulu migas

Acara penandatanganan MoU terkait kerja sama pengelolaan hulu migas antara PT Pertamina (Persero) dan Eni SpA di Amsterdam, Belanda, Jumat (19/4/2024). ANTARA/HO-PT Pertamina (Persero)

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) dan perusahaan migas asal Italia Eni SpA menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk menjajaki potensi proyek eksplorasi dan produksi migas di beberapa blok internasional guna mendukung ketahanan energi nasional.

"MOU ini akan memperkuat sinergi yang telah terjalin sebelumnya antara Pertamina dan Eni, baik di operasional wilayah Indonesia maupun potensi kerja sama ke blok mancanegara seperti Afrika dan Timur Tengah," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina Salyadi Dariah Saputra dan Direktur Upstream Eni SpA Luca Vignati di Amsterdam, Belanda, Jumat (19/4/2024).

Turut menyaksikan penandatanganan MoU tersebut, yaitu Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, dan Direktur Utama Pertamina Internasional EP Jaffee Arizon Suardin.

Menurut Nicke, Eni merupakan salah satu perusahaan migas yang sukses melakukan eksplorasi. Eni juga melihat Indonesia sebagai salah satu fokus bisnis mancanegaranya.

"Pertemuan bisnis ini akan memperkuat kemitraan Pertamina dan Eni, terutama di negara-negara di mana baik Pertamina maupun Eni telah menjejakkan kakinya dalam pengelolaan blok migas," ujar Nicke.

Sementara itu, Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina Salyadi Dariah Saputra menuturkan penguatan kerja sama itu juga akan memberikan peluang bagi Pertamina untuk berperan dalam pengelolaan migas di level internasional.

"
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina dan Eni Italia teken kerja sama pengelolaan hulu migas
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024