Masyarakat Indonesia diedukasi bahaya sampah plastik

id Bahaya sampah plastik,Sampah plastik di laut,Hari Bumi Sedunia,Konservasi Indonesia

Masyarakat Indonesia diedukasi bahaya sampah plastik

Konservasi Indonesia gelar aksi teatrikal di Jakarta pada Minggu (21/4/2024) untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya sampah plastik di laut dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia setiap tanggal 22 April. (ANTARA/HO-Konservasi Indonesia)

Jakarta (ANTARA) -
Konservasi Indonesia bersama Komunitas Generasi Peduli Bumi (GPB), serta kelompok mahasiswa Biologi Kelautan Universitas Indonesia (SIGMA B-UI) menggelar aksi teatrikal untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya sampah plastik di laut dalam rangkaian memperingati Hari Bumi Sedunia setiap tanggal 22 April.
 
"Kami mendukung semua kebijakan pokok dari ekonomi biru yang diusung pemerintah, di mana salah satu yang ditargetkan adalah upaya pembersihan sampah laut. Kita sudah tidak bisa tutup mata bahwa masalah sampah plastik di Indonesia kebanyakan berasal dari darat," kata Senior Vice President dan Eksekutif Chair Konservasi Indonesia, Meizani Irmadhiany dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.
 
Menurutnya, permasalahan sampah plastik tidak hanya berdampak pada lingkungan di daratan, tetapi sudah memiliki pengaruh besar untuk kehidupan biota laut.
 
"Hal ini menjadi sangat penting untuk dipahami oleh semua pihak agar kita dapat bergerak bersama-sama dalam menjaga laut yang merupakan sumber penghidupan untuk masyarakat Indonesia," ujar dia.
 
 
Mengusung tema global dari EarthDay.org yakni Planet Vs. Plastics, kegiatan yang digelar pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) tersebut juga dibuat dalam rangka merayakan Hari Kartini, dengan mengangkat pesan "Rayakan Hari Bumi, Lestarikan Ibu Pertiwi."
 
"Harapannya, melalui kolaborasi aksi dan edukasi tentang sampah plastik dan sampah laut ini, masyarakat bersama pemerintah dapat menjaga dan mengelola sumber daya alam kelautan, termasuk lingkaran ekologi dan ekonomi antara produksi dan perlindungan laut yang memiliki arti penting," ucapnya.
 
Sementara itu, Founder komunitas Generasi Peduli Bumi sekaligus seorang Aktris, Prilly Latuconsina, menjelaskan bahwa gerakan kolaborasi tersebut berawal dari keresahannya saat melihat tumpukan sampah plastik ketika ia menyelam di laut.
 
"Selain merawat lingkungan dengan membersihkan pantai dari sampah laut, saya bersama teman-teman di Generasi Peduli Bumi saat ini fokus pada keberlanjutan untuk pengolahan sampah yang telah dibersihkan,"

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Konservasi Indonesia edukasi bahaya sampah plastik peringati Hari Bumi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024