Pemkab Gunungkidul mendorong perempuan lebih inovatif pada era digital

id Pertunjukan rakyat,Perempuan inovatif,Gunungkidul

Pemkab Gunungkidul mendorong perempuan lebih inovatif pada era digital

Bupati Gunungkidul Sunaryanta bersama seniman dalam Pertunjukan Rakyat di Kelurahan Kemiri, Selasa (23/4/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Gunungkidul)

Gunungkidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong semua masyarakat, khususnya kaum perempuan, terus berkarya, menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, serta meningkatkan kualitas dan kapabilitas melalui berbagai peran pada era digital.

"Kemajuan perempuan akan menjadi kemajuan bangsa, sehingga harus didorong peran perempuan dalam segala bentuk dan sektor pembangunan," kata Bupati Gunungkidul Sunaryanta di sela-sela kegiatan Pertunjukan Rakyat (Pertunra) digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) di Balai Pedukuhan Bareng, Kelurahan Kemiri di Gunungkidul, Selasa.

Ia juga memberikan apresiasi kepada generasi muda Pedukuhan Bareng yang tergabung dalam Karang Taruna.

Dirinya melihat kalangan muda mudi memiliki potensi besar dalam mengembangkan wilayah dengan kreativitas yang dimiliki.

"Ini wujud peran serta masyarakat dalam pembangunan. Wujud peran serta pemerintah melalui kebijakan," katanya.

Melalui Dinas Kominfo, Pemkab Gunungkidul membangun jaringan internet di Pedukuhan Bareng.

Dia mengharapkan akses internet yang memadai membuat masyarakat, khususnya kaum perempuan, mampu mengembangkan diri melalui teknologi.

"Harapan saya tidak hanya smart city namun program ini menyasar hingga pedukuhan dan desa atau smart village," kata dia.

Kepala Dinas Kominfo Gunungkidul Setiyo Hartato menjelaskan Pertunra merupakan program penyampaian informasi dan kebijakan yang dibalut dengan pertunjukan rakyat berupa pementasan kesenian.

"Kami berharap baik informasi dan kebijakan pemerintah daerah dapat lebih efektif tersosialisasi melalui media tradisional Pertunra. Kita ambil tema kelurahan cerdas," katanya.

Melalui kegiatan itu, Bupati Sunaryanta memberikan kesempatan kepada masyarakat yang memiliki pertanyaan atau memberikan saran dan kritik. Beberapa warga memberikan masukan tentang pelayanan air bersih dan pembentukan destinasi wisata.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024