Calon yang mampu saingi Khofifah di Pilkada Jatim 2024, simak kriterianya

id Kota Malang, Pengamat UB, Pilkada Jatim,Khofifah Indar Parawansa,Pilkada Jatim 2024

Calon yang mampu saingi Khofifah di Pilkada Jatim 2024, simak kriterianya

Pengamat komunikasi politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko S.Sos., M.Si., D.COMM. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pengamat komunikasi politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko mengungkap sejumlah kriteria calon untuk mengimbangi Khofifah Indar Parawansa yang sudah menyatakan maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur tahun 2024.

Anang mengatakan bahwa salah satu kriteria utama bagi calon lain untuk mengimbangi elektabilitas Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 tersebut adalah dekat dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

"Kriteria yang bisa mengimbangi Khofifah, harus dekat dengan Nahdliyin, termasuk Muslimat, Fatayat, atau dekat dengan kalangan NU," kata Anang di Malang, Sabtu.

Anang menjelaskan, meskipun calon yang akan berkontestasi pada Pilkada Jawa Timur 2024 tersebut tidak berasal dari kalangan Nahdliyin, namun calon itu harus memiliki kedekatan dengan NU, termasuk mendapatkan dukungan dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU).

Selain mendapatkan dukungan dari PWNU, calon tersebut juga harus dekat dengan kalangan kiai yang tidak masuk struktur kepengurusan NU. Dukungan tersebut penting mengingat basis massa NU di Jawa Timur sangat kuat.

"Itu sangat penting karena basis massa di Jawa Timur sangat kuat dari kalangan NU," katanya.

Selain dukungan dan dekat dengan kalangan NU, calon tersebut juga harus memiliki integritas dan kapabilitas. Integritas dan kapabilitas tersebut, berarti memiliki pengalaman di pemerintahan, baik di Jawa Timur maupun di luar daerah.
 

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024