Ide satukan Anies Baswedan-Ahok eksperimen berani di Pilkada DKI Jakarta 2024

id anies, ahok, pilkada dki jakarta

Ide satukan Anies Baswedan-Ahok eksperimen berani di Pilkada DKI Jakarta 2024

Rektor Universitas Paramadina Prof. Didik J. Rachbini. ANTARA/Dokumentasi Pribadi/klw.

Semarang (ANTARA) - Rektor Universitas Paramadina, Prof. Didik J. Rachbini, M.Sc., Ph.D. mengemukakan bahwa gagasan politik menyatukan Anies dan Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2024 merupakan eksperimen yang baik dan berani untuk membersihkan pencitraan politik menuju polarisasi radikal agama atau radikal sekuler.

"Radikal sekuler di sini mirip-mirip radikal kiri yang anti-agama," kata Didik melalui percakapan WhatsApp kepada ANTARA di Semarang, Sabtu, ketika merespons gagasan menyatukan Anies Rasyid Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 27 November mendatang.

Didik berpendapat bahwa politik dan demokrasi yang terbuka seperti sekarang ini adalah pertanda baik, paling tidak dilihat dari sisi persepsi citra seperti ini.

Menyinggung soal peluang Anies dan Ahok bersatu, dia mengutarakan bahwa penyatuan keduanya sangat mungkin karena beberapa faktor, yakni pertama Anies sejatinya seorang yang religius, tetapi tidak radikal seperti yang dipersepsikan ketika Pilgub DKI Jakarta 2017.

Kedua, lanjut Didik, Ahok memang temperamental, yang kadang-kadang tabu di dalam politik. Namun, sesungguhnya Ahok adalah seorang yang nasionalis dilihat dari sejarah garis politiknya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Rektor Paramadina: Gagasan satukan Anies-Ahok eksperimen yang berani
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024