PDI Perjuangan buka pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta

id Eko Suwanto

PDI Perjuangan buka pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Eko Suwanto (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemimpin Kota Yogyakarta harus mampu menghadirkan kebijakan publik yang membawa kesejahteraan dan membahagiakan hatinya rakyat.

Guna menjaring bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta mulai membuka proses pendaftaran di kantor partai di Jl Balirejo 21, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

"Mulai hari ini, secara resmi DPC PDI Perjuangan Yogyakarta membuka proses pendaftaran bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta. Kita buka seluas-luasnya, baik kader PDI Perjuangan maupun tokoh masyarakat untuk mengambil formulir dan mendaftarkan diri," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Eko Suwanto, Senin. 

Proses pendaftaran, kata dia, dimulai 29 April sampai 20 Mei 2024.

"Mengapa 20 Mei ? Agar para calon menghikmati semangat kebangkitan nasional dimana setiap pribadi calon wajib kedepankan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan keluarga," kata Eko Suwanto, 

Eko Suwanto menyatakan kesempatan pendaftaran dibuka luas dengan syarat ke depan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang diajukan harus memiliki kesamaan gerak ideologis, cinta tanah air dan berkomitmen penuh menjalankan amanat konstitusi, UUD 1945 dan Pancasila.

"Melalui Pilkada 2024, PDI Perjuangan tegaskan komitmen untuk menang dan berjuang membahagiakan hatinya rakyat melalui  kebijakan yang membuat rakyat sejahteran, adil dan makmur," kata Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan.

Meski memiliki kesempatan untuk mengusung paslon sendiri dengan perolehan suara yang ada, PDI Perjuangan terbuka berdialog dengan semua pihak. 

Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta menyebutkan sesuai kewenangan yang ada, PDI Perjuangan Yogyakarta akan menerima seluruh pendaftaran bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta dan melaporkan ke DPD dan DPP PDI Perjuangan untuk diproses.

"Siapapun sosok yang direkomendasikan oleh DPP PDI Perjuangan untuk maju sebagai pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota, DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta beserta seluruh Banteng Jogja siap untuk memenangkan. Kita akan laksanakan perintah Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri dengan iklas dan penuh tanggung jawab dengan turun bertemu rakyat," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.