Eko Suwanto ajak aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kebangsaan

id eko suwanto,DPRD

Eko Suwanto ajak aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kebangsaan

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan. (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Penting menggelorakan semangat nasionalisme dan kebangsaan di era kini utamanya dengan sikap etis, meletakkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Termasuk upaya nyata mengaktualkan spirit para leluhur, menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian dan kebangsaan. 

"Mengapa semangat Pancasila harus kita gelorakan di Yogyakarta? Kita pahami, benar penggali Pancasila Bung Karno, tapi dari Yogyakarta ada Ki Hadjar, Ki Bagus Hadikusumo, Abful Kahar Mudzakir, BPH Puruboyo, BPH Bintoro, Dr Radjiman Wedyodiningrat sebagai Ketua BPUPKI adalah sosok teladan perjuangan sebelum Indonesia merdeka," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.

Berbicara di forum Sosialisasi Perda 1/2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan bersama Biro Hukum Setda DIY, Eko Suwanto mengingatkan di hadapan warga Pakualaman soal pentingnya menggelorakan Pancasila, agar bisa selalu ada di hatinya masyarakat Yogyakarta.

"Semangat nasionalis dan kebangsaan harus menjadi landasan dalam keseharian masyarakat Yogyakarta, nilai-nilai Pancasila ya sudah sendirinya ada di hatinya rakyat, ini yang penting digelorakan," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.

Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan menambahkan dari catatan sejarah, posisi Yogyakarta memiliki kontribusi besar. Maka dalam urusan tata kelola perkotaan perlu spirit kebangsaan, bhinneka tunggal ika, toleransi terus dirawat.

"Sejarah mencatat, Yogyakarta pernah jadi ibukota Republik Indonesia. Soekarno - Hatta pernah tinggal di Pakualaman.  Ada dua ruang di sisi barat dipinjamkan oleh KGPAA dan bangsal Parangkarso, jadi tempat rapat kebangsaan," kata  Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan.

Di bangsal Parangkarso, bagaimana dibahas bersama rakyat langkah gotong-royong mempertahankan RI, Yogyakarta pernah jadi rumah Soekarno Hatta berkantor. 

"Selain peran sejarah, ada banyak orang belajar di Jogja sampai berkeluarga. Jadi Indonesia banget di Yogyakarta," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Yogyakarta.

Urusan tata kelola perkotaan Yogyakarta, dengan kondisi tata kota, melihat kualitas udara dan air tak bagusx minum air dari sumur tak berani karena kualitas air jelek, kualitas udara juga tidak bagus, hingga kondisi lingkungan yang padat penduduk tentu harus terkelola baik.

Jadi kiranya penting pastikan lingkungan hidup terkelola, bagaimama hadirkan solusi urusan sampah, mari pahami apa yang disebut sampah. Kondisi saat ini akibat saja dari tata kelola yang tak pas. UU aturan kewenangan provinsi dan pusat bantu. 

"Hari ini masih model bank sampah jadi pengepul   ke depan harus dipikirkan bagaimana bergabung dengan kerja sama kedepan harus bisa kelola dengan model lebih profesional. Ada lembaga BUMD atau koperasi bank sampah yang bisa kelola, idealnya itu," kata Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan lulusan Magister Ekonomi Pembangunan UGM ini.