Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto komitmen tingkatkan kesejahteraan guru

id DPRD,eko suwanto

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto komitmen tingkatkan kesejahteraan guru

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan (Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 bertema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar" perlu mendapatkan konteksnya dalam upaya peningkatan pelayanan pendidikan bagi semua di seluruh tingkatan.

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan selamat memperingati Hardiknas 2024 dan berharap upaya mencerdaskan kehidupan bangsa bisa dijalankan sebaik-baiknya.

"Ki Hadjar Dewantara. telah meletakkan dasar-dasar wujudkan pendidikan berkarakter, pendidikan yang mencerdaskan anak bangsa. Guru sebagai pamong, masyarakat juga orang tua di rumah berikan dukungan lingkungan yang sehat, ini penting dikerjakan bersama-sama," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Kamis. 

Sesuai dengan kebijakan pemerintah, dalam rangkaian peringatan Hardiknas, bulan Mei 2024 pun dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar dengan beragam kegiatan dari  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Eko Suwanto berharap dalam momen peringatan Hardiknas 2024 perlu terus diingatkan pentingnya pendidikan moral dan etika bagi siswa juga penanaman nilai kebangsaan, nasionalisme agar Indonesia bisa memiliki output pendidikan yang hasilkan tenaga profesional di masing-masing bidang keahlian.

'DIY memiliki Perda Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, bagaimana implementasi dalam bingkai kurikulum pengajaran di sekolah, di kampus. Merdeka Belajar, harus jadi proses pembelajaran berkelanjutan dan mampu membawa masyarakat cerdas, berkarakter dan berbudaya," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.