Wapres: Warga Gunung Ruang, Sulut, agar ikuti arahan pemerintah

id WAPRES, MA'RUF AMIN, GUNUNG RUANG, ERUPSI GUNUNG RUANG ,RELOKASI

Wapres: Warga Gunung Ruang, Sulut, agar ikuti arahan pemerintah

Wapres Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers usai menghadiri acara "Silaturahim Idul Fitri 1445 Hijriah Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten" di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu (4/5/2024). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Kabupaten Serang, Banten (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti arahan dari pemerintah soal relokasi tempat tinggal.

"Saya minta kepada masyarakat mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah. Pemerintah akan melihat ketika situasinya misalnya harus direlokasi," kata Wapres saat memberikan keterangan pers usai menghadiri acara "Silaturahim Idul Fitri 1445 Hijriah Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten" di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Sabtu.

Menurut Wapres, langkah pemerintah untuk melakukan relokasi demi keselamatan warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

"Direlokasi berarti itu kan ada sesuatu yang harus diselamatkan, jangan sampai ada korban karena itu sebaiknya masyarakat mengikuti petunjuk," ucap Wapres.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata Wapres, juga telah memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono menyiapkan lahan untuk relokasi masyarakat terdampak.

"Presiden sudah memerintahkan Menteri ATR untuk juga menyiapkan lahan untuk relokasi kemungkinan karena kalau relokasi itu yang terbaik, pemerintah pasti akan mengambil langkah itu," katanya.

"Kalau bahayanya tidak terlalu besar mungkin tidak perlu direlokasi, tetapi kalau sudah tingkat bahayanya cukup maka alternatifnya bukan hanya evakuasi tetapi juga relokasi," lanjut Wapres.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres minta warga sekitar Gunung Ruang ikuti arahan pemerintah
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024