BNPB-BMKG tangani peringatan dini banjir lahar dingin Gunung Marapi, Sumbar

id Peringatan dini, bmkg, bnpb, sistem peringatan dini, banjir lahar dingin,Gunung Marapi

BNPB-BMKG tangani peringatan dini banjir lahar dingin Gunung Marapi, Sumbar

Seorang personel TNI memantau arus Sungai Batang Katiak pascabanjir lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Agam. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bekerjasama untuk memperkuat sistem peringatan dini banjir lahar dingin dan tanah longsor di sekitar kawasan Gunung Marapi Sumatera Barat (Sumbar).

"Segera buat sistem peringatan dini menggunakan kabel untuk mengukur tinggi muka air," kata Kepala BNPB Letnan Jenderal (Letjen) TNI Suharyanto di Padang, Jumat.

Mengingat penguatan sistem peringatan dini tersebut tidak terlalu membutuhkan biaya yang besar, Letjen Suharyanto menyarankan penggunaan anggaran hibah dan rehabilitasi atau dana siap pakai. BNPB juga siap mendampingi pemerintah daerah untuk membangun sistem itu.

Suharyanto mengatakan pihaknya akan terus mendorong penguatan sistem peringatan dini bagi masyarakat khususnya yang bermukim tidak jauh dari kaki Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar maupun Kabupaten Agam.

Pembuatan sistem peringatan dini tersebut sesuai dengan rekomendasi yang disampaikan BMKG pada saat rapat koordinasi kebencanaan. Lembaga itu menekankan pentingnya membangun sistem peringatan dini bencana banjir bandang langsung di masyarakat.

Senada dengan itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan sistem peringatan dini yang selama ini digunakan atau disampaikan instansi yang dipimpinnya, lebih kepada peringatan dini hujan.

"Peringatan dini yang kami sampaikan adalah peringatan dini hujan, dan ini tidak terkait dengan peringatan dini banjir lahar," jelas dia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB bersama BMKG perkuat sistem peringatan dini banjir lahar dingin
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024