Bantul mengenalkan keunggulan setiap sekolah menghadapi PPDB

id Pameran pendidikan ,Kenalkan keunggulan sekolah ,Persiapan PPDB

Bantul mengenalkan keunggulan setiap sekolah menghadapi PPDB

Salah satu stan pemeran pendidikan di Bantul School Expo di kawasan Stadion Sultan Agung Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengenalkan keunggulan setiap sekolah menghadapi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2024 melalui kegiatan Bantul School Expo.

"Bantul School Expo itu bisa menarik siswa, karena ini adalah sebagai salah satu wujud publikasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat akan tahu keunggulan di setiap sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bantul Nugroho Eko Setyanto di Bantul, Selasa.

Dia mengatakan, kegiatan selama enam hari di kawasan Stadion Sultan Agung Bantul yang diikuti perwakilan sekolah dari SD dan SMP tersebut menampilkan pameran pendidikan, ajang talenta siswa, proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), praktik terbaik, dan program unggulan sekolah.

"Sehingga nantinya semoga masyarakat itu bisa mengarahkan putra-putrinya dengan tepat ke sekolah yang mungkin disesuaikan dengan minat atau kemampuan dari masing-masing siswa," katanya.

Dia mengatakan, sekolah di Bantul telah menorehkan berbagai prestasi yang dikumpulkan melalui siswa-siswi dengan mengumpulkan 54 medali tingkat internasional, 270 medali tingkat nasional, dan 528 medali tingkat Provinsi DIY.

Menurut dia, pendidikan memiliki peran sebagai pondasi dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, penyelenggaraan pendidikan di sekolah juga harus dilakukan dengan sebaik mungkin dan berorientasi kepada masa depan.

"Tujuan utama yang harus menjadi orientasi dalam pendidikan salah satunya adalah mengembangkan potensi dan mencerdaskan manusia dalam hal ini para siswa menjadi semakin lebih baik," katanya.

Nugroho mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bantul juga telah mencanangkan yang sudah dituangkan dalam visi pemerintah, yaitu pengembangan sumber daya manusia yang unggul, berkarakter dan berbudaya Istimewa.

"Misi tersebut menjadi arah bagi Dinas Dikpora untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya yaitu penyelenggaraan pendidikan, kepemudaan, dan olahraga Bantul yang berkualitas," katanya.