Pengamat nilai wacana 40 kementerian cocok untuk Indonesia yang besar

id igor dirgantara,pengamat politik,40 kementerian,kementerian prabowo

Pengamat nilai wacana 40 kementerian cocok untuk Indonesia yang besar

Direktur SPIN Igor Dirgantara dalam pemaparan survei secara daring di Jakarta, Kamis (12/10/2023). (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia Igor Dirgantara mengemukakan wacana penambahan jumlah kementerian menjadi 40 kementerian cocok diterapkan karena Indonesia merupakan negara yang besar.

Menurut Igor, penambahan nomenklatur kementerian itu bisa meningkatkan kinerja pada sektor-sektor tertentu dari pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto yang selama ini belum tersentuh oleh pemerintahan sebelumnya.

"Indonesia kan negara yang besar, luas, penduduknya banyak pula, wajar jika kementeriannya ditambah sampai dengan 40 kementerian, yang penting itu disetujui," kata Igor saat dihubungi dari Jakarta, Rabu.

Dia tak menampik bahwa penambahan jumlah kementerian itu memunculkan istilah kabinet gemuk. Namun, kata gemuk diartikan negatif jika hanya merujuk kepada seseorang.

Akan tetapi, untuk sebuah negara, menurut Igor, kabinet gemuk harus dilihat dengan cara pandang yang berbeda karena walaupun Prabowo mengusung keberlanjutan, perbaikan pun tetap diperlukan.

"Nah salah satu perbaikan itu menambah nomenklatur kementerian," kata dia.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pengamat sebut wacana 40 kementerian cocok untuk Indonesia yang besar
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024